HomeDKI JAKARTAJAKARTAGandeng Forum RT, Langkah Inovatif Perumda Batiwakkal Layani Masyarakat

Gandeng Forum RT, Langkah Inovatif Perumda Batiwakkal Layani Masyarakat

Bupati Berau dan Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal saat menerima penghargaan sebagai Top Pembina BUMD 2024 dan Top CEO BUMD 2024.

Jakarta, SMN – Air minum merupakan kebutuhan dasar manusia, namun demikian pemenuhannya terkadang mengalami berbagai kendala. Untuk itu di butuhkan inovasi dan dukungan semua pihak.

Salah satu hal inovasi yang dilakukan oleh Perumda Air Minum Batiwakkal Berau adalah dengan melibatkan para ketua-ketua RT dalam pengelolaan perusahaan, antara lain dalam perencanaan perusahaan yaitu dalam menyusun Rencana Kerja Anggaran Perusahaan secara partisipatif.     

Selain itu dalam pelaksanaan operasional, Forum RT terlibat pula dalam bentuk memberikan informasi mengenai pelayanan Perumda Air Minum Batiwakkal kepada masyarakat.

Informasi urgen biasanya disampaikan dalam whatsapp Group yang dibentuk per kelurahan atau desa yang menjadi wilayah pelayanan BUMD Air Minum ini. Tak jarang kebocoran jaringan pipa PDAM terjadi di tengah malam dan warga masyarakat melapor ke Ketua RT yang selanjutnya dilaporkan ke WA Group.

“Terkadang jika ada keterlambatan pemasangan, warga mengadukan kepada Ketua RT dan selanjutnya Ketua RT meneruskan ke grup wa dan langsung ditanggapi oleh pihak manajemen Perumda Batiwakkal,” ujar Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal, Saipul Rahman.

Tidak hanya itu dalam kesempatan lain Ketua RT juga berperan dalam penagihan rekening air yang menunggak di wilayah masing-masing.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Achmad Taufik Sagita, selaku Ketua Forum RT Kelurahan Tanjung Redeb, bahwa pertemuan warga yang di fasilitasi oleh Ketua RT sering juga dilaksanakan dengan di hadiri oleh management Perumda Batiwakkal untuk membahas program pelayanan air kepada masyarakat.

“Pertemuan dilaksanakan di rumah-rumah warga sehingga membuat masyarakat merasa lebih dekat dengan pelayanan BUMD Air Minum ini. Selain itu Ketua RT juga aktif melakukan evaluasi terhadap kinerja pelayanan Perumda Batiwakkal melalui pertemuan rutin per tiga bulan” ujarnya.           

Dalam tatap muka tersebut Forum RT aktif memberikan masukan dan saran terkait dengan kualitas pelayanan Perumda Batiwakkal. Pertemuan tersebut dilaksanakan di kantor pelayanan Perumda Batiwakkal atau di rumah makan agar lebih mengakrabkan diri dan menjalin silaturahmi.

Langkah inspiratif inilah yang mengantarkan Perumda Batiwakkal meraih penghargaan Top BUMD tingkat nasional. (syah)

ARTIKEL TERBARU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA LAINYA