Saturday, 26 September 2020

Wabup Masykuri Pimpin Apel Pelepasan Petugas Sensus Ekonomi 2016

post-top-smn
Pelepasan balon sebagai harapan agar sensus ekonomi 2016 bisa berjalan lancar dan sukses

Pelepasan balon sebagai harapan agar sensus ekonomi 2016 bisa berjalan lancar dan sukses

Kediri, SMN – Bertempat di halaman belakang Pemkab Kediri Kamis (28/4) dilaksanakan Apel Pelepasan Petugas Sensus Ekonomi 2016 (SE 2016). Para petugas Sensus Ekonomi tersebut dengan tertib dan khidmat mengikuti seluruh rangkaian apel yang diselenggarakan di halaman belakang Kantor Pemkab Kediri.

Bertindak sebagai inspektur apel adalah Wakil Bupati Kediri Masykuri. Sedangkan tugas sebagai komandan apel diemban oleh Koordinator Statistik Kecamatan Kuswadi . Upacara yang dimulai pukul 07.00 WIB tersebut diikuti pula oleh Forkopimda Kabupaten Kediri, Kepala BPS Kabupaten Kediri, perwakilan OJK dan para pejabat di lingkungan Pemkab Kediri.

Kepada para peserta apel Masykuri menyampaikan bahwa Sensus Ekonomi ini akan menghasilkan sensus yang bersifat luas dan berkesinambungan. ”Kita dapat memanfaatkan hasil Sensus Ekonomi 2016 untuk melihat persaingan usaha yang sejenis menurut wilayah, peluang pasar dan peluang pengembangan usaha”, tegasnya.

Selain itu Masykuri berpesan kepada petugas Sensus Ekonomi 2016 hendaknya mengingat betapa pentingnya data Sensus Ekonomi 2016. “Saya sangat berharap saudara bersungguh-sungguh dalam bekerja, pahami semua konsep dan definisi yang diberikan oleh para instruktur, terapkan di lapangan dengan harapan pelaksanaan bisa berjalan dengan baik dan hasilnya dapat dirasakanoleh semua pihak”, terangnya.

Perlu diketahui kegiatan Sensus Ekonomi  dilakukan oleh Badan Pusat Statistik setiap 10 tahun sekali. Sensus ini akan menjadi sensus keempat setelah sebelumnya dilakukan pada 1986, 1996, dan 2006. Kegiatan Sensus Ekonomi 2016 ini akan diselenggarakan pada tanggal 1-31 Mei 2016, dengan harapan hasil dari sensus ekonomi 2016 akan mampu menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi sebagai landasan pengambilan kebijakan pembangunan.

Pembacaan janji petugas sensus untuk melaksanakan tugas dengan baik dan prosedural

Pembacaan janji petugas sensus untuk melaksanakan tugas dengan baik dan prosedural

Sensus Ekonomi 2016 merupakan pendataan lengkap yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia yang mencakup seluruh aktivitas ekonomi kecuali sektor pertanian. Adapun hasil dari sensus ini dapat digunakan sebagai landasan penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan baik nasional maupun regional. Setiap keputusan harus diambil berdasarkan informasi yang valid dan akurat. Sensus Ekonomi 2016 dilaksanakan untuk mendapatkan informasi potret usaha perekonomian bangsa, juga potret usaha perekonomian masyarakat Kediri. (hms/adv/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait