Thursday, 1 October 2020

Wabup Masykuri Canangkan Program Kampung KB Tirulor

post-top-smn
Kampung KB resmi dibuka oleh Wabup Masykuri

Kampung KB resmi dibuka oleh Wabup Masykuri

Kediri, SMN – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) mencanangkan program Kampung KB di Balai Desa Tirulor, Kec Gurah pada Selasa (26/4).

Kegiatan ini adalah salah satu inovasi strategis dalam upaya realisasi pelaksanaan kegiatan-kegiatan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh dan terintegrasi, yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat tingkat desa.

Hadir dalam kegiatan ini Wabup Masykuri beserta istrinya, Kepala BPPKB Wuryandani Yosep, Kabid Adpin BKKBN Prov. Jatim Maria Ernawati, Camat, Kepala Desa dan para penyuluh KB (PLKB) seKab. Kediri.

Sebagaimana diungkapkan oleh Kepala BPPKB, tujuan pencanangan Kampung KB ini adalah untuk lebih meningkatkan peran aktif masyarakat terhadap program KB yang dicanangkan pemerintah.  Masykuri menjelaskan bahwa Kampung KB merupakan miniatur pelaksanaan program KB secara terpadu dan komprehensif di tingkat dusun/desa  yang konsepnya memadukan program KB dengan program  pembangunan lainnya, seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lainnya.

Kampung KB didesain sebagai upaya pemberdayaan masyarakat terhadap pengelolaan program KB dan pemerintah hanya menstimulasi serta melakukan pendampingan selebihnya menjadi tanggung jawab masyarakat. “Intinya, fungsi kampung KB adalah untuk memberikan kemudahan akses pelayanan kepada masyarakat dalam hal informasi kependudukan, pembinaan , fasilitasi dan layanan KB, tegas Masykuri.

Terakhir, Masykuri berharap pencanangan kampung KB ini mampu menjadi momentum untuk memperkuat rasa kebersamaan antar warga dan berperan aktif diberbagai program pembangunan daerah untuk mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera.

Masykuri meninjau pelayanan di Kampung KB Desa Tirulor

Masykuri meninjau pelayanan di Kampung KB Desa Tirulor

Dalam acara ini para undangan dihibur oleh pertunjukan komedi yang dipentaskan oleh  Ikatan Penyuluh KB Se-Kabupaten Kediri. Pertunjukan ini mengambil tema Kampung KB dalam cerita Ande-Ande Lumut. Dalam kesempatan yang sama juga diselenggarakan aktifitas bina masyarakat yang terbagi dalam beberapa kelompok seperti BKB, BKR, BKL, UPPKS, PIK (Pusat Informasi dan Konseling). Disini masyarakat mendapat pembelajaran, permainan edukatif, dan inovasi bagaimana meningkatkan nilai ekonomi suatu produk

Pada kesempatan ini diberikan pelayanan KB gratis pada masyarakat Gurah dan sekitarnya. Kabid Pelayanan KB dr. Nurwulan Andadari,bertanggungjawab terhadap pelayanan ini. Total 50 akseptor akan menerima layanan KB Implant dan IUD. Dimana sebelumnya warga  mendapat konseling dan pemeriksaan kesehatan untuk menentukan layanan KB yang cocok bagi mereka. (hms/adv/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait