Wednesday, 2 December 2020

Wabub Buka Acara Kumpul Bocah di Taman Kusuma Wicitra

post-top-smn
Wabub Tulungagung Drs. Maryoto Birowo membuka Acara Kumpul Bocah di Taman Kusuma Wicitra dan ditandai dengan pelepasan balon oleh istri Wabup Tulungagung Ny Siuk Maryoto Birowo

Wabub Tulungagung Drs. Maryoto Birowo membuka Acara Kumpul Bocah di Taman Kusuma Wicitra dan ditandai dengan pelepasan balon oleh istri Wabup Tulungagung Ny Siuk Maryoto Birowo

Tulungagung, SMN – Ratusan anak yang ada di wilayah kabupaten Tulungagung,  kamis, 02 juni 2016 mengunjungi Aloon-aloon Kusuma Wicitra Tulungagung mereka mengikuti acara Kumpul Bocah Kabupaten Tulungagung tahun 2016. Acara yang berlangsung di pagi hari tersebut, dibuka oleh Wakil Bupati  Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M dan  ditandai dengan pelepasan balon oleh Istri Wakil Bupati Tulungagung Ny Siuk Maryoto Birowo.

Acara ini dihadiri oleh para Kepala SKPD, Camat se Kabupaten Tulungagung,  Direktur  Lembaga  Perlindungan Anak  Kabupaten Tulungagung dan anak-anak peserta yang terdiri dari perwakilan anak SMA/SMK/MA/SMP/Mts/SD/MI/Perwakilan anak Pejabat dan Aktifis masalah Anak, Perwakilan Anak BMI, Perwakilan Anak Ponpes, Perwakilan Anak Berkebutuhan Khusus, Perwakilan anak dari daerah sulit, Perwakilan Anak dari Perwakilan FKUB, Perwakilan Pekerja Anak dan PKSA, Perwakilan Forum Anak Desa se Kecamatan Ngunut, Kecamatan Boyolangu , serta perwakilan Forum Anak se Kecamatan Kauman.

Menurut ketua panitia penyelenggara Kumpul Bocah Kabupaten Tulungagung tahun 2016 dr. Mohamad Mastur M.M kegiatan  ini diikuti sekitar 260 anak dan berlangsung selama dua hari yaitu mulai hari Kamis, 02/06/2016 hingga hari Jum’at 3/06/2016.

Lebih lanjut Mastur juga mengatakan bahwa maksud dan tujuan digelarnya acara ini adalah untuk mendukung permendikbud No 82 tahun 2015, mencegah dan menanggulangi tindak kekerasan di lingkungan satuan pendidikan serta menggali aspirasi dan gagasan untuk rekomendasi pemerintah, masyarakat dan orang tua terkait tindak kekerasan di satuan lingkungan pendidikan.

Wakil Bupati Tulungagung Drs Maryoto Birowo , M.M dalam sambutanya pada cara ini antara lain menjelaskan bahwa akhir-akhir ini kejadihan kekerasan terhadap anak pada skala nasional terus meningkat diantaranya tindak kekerasan seksual, hal ini tentunya membuat kita miris dan prihatin. Kasus kekerasan terhadap anak merupakan sebuah fenomena gunung es. Kekerasan anak banyak terjadi, tetapi hanya sedikit yang dilaporkan.

”Untuk itu kembali saya mengingatkan agar kita selaku orang tua untuk meningkatkan perlindungan dan kepedulian terhadap anak. Keterlibatan orang tua dalam mengawasi anak dipastikan mampu meminimalisir kasus. Selain itu, pengawas dan kepedulian orang tua mampu mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan anak yang belakangan sering terjadi di lingkungan terdekat”. Kata wabub.

Lebih lanjut Wabub mengatakan Komitmen Kabupaten Tulungagung dalam rangka mewujudkan perlindungan anak diwujudkan pula dengan ditetapkannya Perda Nomor 10 tahun 2009 tentang Perlindungan Anak, disisi lain Pemerintah Kabupaten Tulungagung juga telah mengembangkan Pusat Pelayanan Terpatu Perlindungan Perempuan dan Anak (PPTPPA) yang keberadaannya juga diintegrasikan pada Unit Layanan Terpadu Perlindungan Sosial Anak Integratif.

Wabub juga menjelaskan kumpul bocah tahun 2016 yang dilaksanakan pada hari ini merupakan wujud pemenuhan hak partisipasi anak yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung bekerjasama dengan PKK dan LPA Tulungagung, dan mengambil tema “ Dengan semangat Kumpul Bocah Tahun 2016 kita dukung upaya penghapusan tindak kekerasan di lingkungan satuan pendidikan”. “sejalan dengan hal itu saya berharap Kumpul Bocah Tahun 2016 akan menghasilkan rekomendasi yang mampu menginspirasi dan mendorong anak-anak untuk berkarya dan bercita-cita tinggi demi masa depan bangsa dan negara ini. Jangan mendorong terciptanya kebijakan yang berorganisasi “ Demi kepentingan terbaik bagi anak” sebagai upaya pemenuhan dan perlindungan Hal Anak. Oleh karena itu, suarakanlah masalah yang kalian hadapi, harapan kalian dan pikiran kalian. Selain itu gunakanlah kesempatan ini sebaik-baiknya”. Jelas Wabub.

Terakir Wabub berpesan kepada anak-anak sebagai bentuk rasa tanggungjawab dan kasih sayang kepada mereka semua, untuk menggunakan waktu dengan belajar, menuntut ilmu dan berkreasi agar memiliki kemampuan untuk mencapai cita-cita masing-masing, terus beribadah sesuai agama kalian masing-masing, serta berperilaku santun kepada guru, orang tua dan bertaqwa kepada Alloh SWT. “Semoga dengan upaya menjadikan Kabupaten Tulungagung sebagai Kabupaten Layak Anak, kalian dapat lebih terpacu dan termotivasi untuk lebih berprestasi demi masa depan kalian semua, tentunya demi masa depan bangsa dan negara”.(hms/adv/yas)

post-top-smn

Baca berita terkait