Wednesday, 30 September 2020

Utamakan Profesional Kerja, Tidak Ada Jual Beli Jabatan

post-top-smn
Gubernur Jatim saat melantik Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo di Gedung Grahadi Surabaya, Rabu, 17 Februari 2016

Gubernur Jatim saat melantik Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo di Gedung Grahadi Surabaya, Rabu, 17
Februari 2016

 

Ponorogo, SMN Pemerintah Kabupaten Ponorogo mulai merasa lega. Pasalnya setelah mengalami perhelatan pilkada tanggal 9 Desember 2015 yang lalu telah membuahkan hasil. Terhitung sejak tanggal 17 Februari 2016 sudah mempunyai Bupati dan Wakil Bupati Definitif pilihan rakyat yang akan memimpin bumi reyog selama masa lima tahun kedepan tahun 2016 sampai dengan tahun 2021 Drs. H Ipong Muchlissoni dan Djarno sebagai wakilnya.

Pasangan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni dan Djarno dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo secara serentak bersama-sama dengan bupati daerah yang lainnya dengan waktu gelombang yang berbeda pada saat itu juga pada tanggal 17 Februari 2016 di gedung Negara Grahadi Surabaya kemarin. Hadir dalam acara tersebut Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Menteri dalam negeri Tjahyo Kumolo, Pejabat PemProv dan segenap undangan pelantikan.

Dalam sejarah Ponorogo, Ipong Muchlissoni tercatat sebagai bupati urutan nomer 17. Dia sosok seorang pemimpin yang baik hati, ramah, blater, humoris, tegas, berwibawa, peduli rakyat cilik dan tidak mempunyai kamus balas dendam. “Saya tidak mempunyai kamus balas dendam, bagi saya Proporsional dan Profesional kerja yang kami utamakan, bukan like and dislike serta tidak ada jual beli jabatan”, tegasnya.

Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlissoni dan Drs. H. Soedjarno, MM. usai pelantikan

Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo, Drs. H. Ipong Muchlissoni dan
Drs. H. Soedjarno, MM. usai pelantikan

Dia memiliki target kerja yang segera diwujudkannya antara lain modernisasi pertanian. Hal ini dilakukan supaya masyarakat tani bumi reyog siap dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)” Beras Thailand dan Vietnam bebas masuk Indonesia,jika petani tidak dipersiapkan cara bertaninya jelas petani Ponorogo akan ketinggalan padahal biaya produksi petani kita masih mahal,” beber Ipong. Dia tidak ingin masyarakat tani Ponorogo seperti katak dalam tempurung. Sudah saatnya modernisasi cara dan peralatan pertanian sehingga hasil pertanian Ponorogo tidak kalah bersaingdengan produk pertanian dari Negara lain. “Dengan mendorong modernisasi pertanian pemerintah daerah akan berkomitmen untuk mewujudkan peningkatan pembangunan infrastruktur.Yakni lewat program 300 juta per desa per tahun. Berupa perbaikan jalan dan infrastruktur yang lainnya.Kami meyakini, kalau dilaksanakan akan menyerap tenaga kerja yang lebih banyak,” urainya.

Dia menyadari dana untuk 307 desa itu cukup besar dan tidak bisa di alokasikan dalam APBD Induk.Sebab APBD 2016 sudah didok. Tapi dia tetap berupaya dana tersebut masuk dalam APBD perubahan yang akan dibahas di bulan Agustus mendatang. “Insya Allah bisa diterapkan mungkin bisa semampunya dulu namun Kami yakin bisa “Wong” itu tidak besar, setahun hanya seratus miliar”, imbuhnya.

Masa seratus hari selepas pelantikan, pemerintahan Ipong akan menitik beratkan pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Pihaknya mempunyai mimpi menyediakan bus gratis untuk siswa sekolah di Ponorogo.Khususnya siswa yang berasal dari pelosok desa sekolah di kota. Program bis sekolah ini untuk menekan tingginya jumlah kecelakaan sehingga dia jelas peduli dengan keselamatan masyarakat Ponorogo di jalan.” Kalau pengadaan bis belum bisa,ya kami akan lakukan revitalisasi”, paparnya.

Menurutnya, perhitungan anggaran yang harus dipersiapkan untuk pengadaan bis sekolah berkisar dua miliar.Pihaknya Yakin APBD mampu mengalokasikan anggaran itu, “Kami yakin APBD mampu, jika masih kurang kami siap mengajukan ke pusat.” Pungkasnya.

Sementara itu Sekertaris Daerah kabupaten Ponorogo Dr Drs Agus Pramono MM mengklaim dengan menyatakan siap melakukan penataan birokrasi untuk mewujudkan target kerja kepala daerah. Terutama dalam peningkatan professional kinerja dan pelayanan terhadap masyarakat. Hal ini sesuai komitmen pegawai negeri sipil sebagai abdi atau pelayan masyarakat.Sudah semestinya.Program yang berkaitan dengan infrastruktur,kesehatan,pendidikan dan pertanian menjadi prioritas utama.” Kami langsung kerja sepenuhnya mendukung program-program bupati dan wakil bupati.” Ungkap Agus Pramono.

Bupati Ponorogo H .Ipong Muchlissoni saat menyerahkan potongan tumpeng kepada SekDaKab Ponorogo Agus Pramono dalam acara Tasyakuran

Bupati Ponorogo H .Ipong Muchlissoni saat menyerahkan potongan tumpeng kepada SekDaKab Ponorogo
Agus Pramono dalam acara Tasyakuran

Dalam waktu dan tempat yang berbeda, tepatnya hari Kamis 18 februari 2016 bertempat di Pringgitan Kabupaten Ponorogo. Seluruh Masyarakat antusias dan gembira menyambut kedatangan bupati pilihan hati rakyat Ponorogo Ipong Muchlissoni dan Djarno. Selanjutnya untuk memanjatkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, digelar “Tasyakuran” dengan buceng kuat slamet layaknya adat Ponorogo. Hadir dalam acara tersebut Sanak saudara dan handai taulan Ipong Muchlisoni dan Djarno, semua SKPD, SekDaKab Agus Pramono dan segenap masyarakat Ponorogo.

Dalam sambutannya Ipong mengungkapkan luapan kegembiraannya dan mengucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada semua masyarakat Ponorogo atas penyambutan kedatangan dirinya sebagai bupati Ponorogo yang baru. ” Saya hari ini sangat senang sekali atas penyambutan masyarakat Ponorogo kepada saya,dan saya ucapkan terimakasih kepada segenap masyarakat Ponorogo yang telah menyambut kedatangan saya.”Ungkap Ipong.

Lebih lanjut Kasubag humas Pemkab Ponorogo Setyo Budiyono menambahkan, ”Tidak hanya acara tasyakuran itu saja, acara akan dilanjutkan dengan pesta rakyat. Pisah sambut Bupati di Pendopo dengan hiburan artis ibu kota Krisdayanti dan Reza Artamevia 23/2, Istiqothsah Qubro dipimpin ketua PBNU 24/2, Hiburan dangdut Palapa di Alon-Alon 26/2 dan Wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Bupati Tegal Ki Enthus Susmono 27/2 yang akan datang”, jelas Setyo Budiyono. (hms/adv/Wied)

post-top-smn

Baca berita terkait