Wednesday, 21 October 2020

Upacara Melasti Menyambut Hari Raya Nyepi

post-top-smn
Suasana upacara Melasti di Pantai Jolosutro Desa Ringinrejo Kecamatan Wates, Kab. Blitar

Suasana upacara Melasti di Pantai Jolosutro Desa Ringinrejo Kecamatan Wates, Kab. Blitar

Kab. Blitar, SMN – Minggu, 19 Maret 2017 merupakan hari yang amat penting bagi umat Hindu yang ada di wilayah Blitar Raya, yang meliputi Kabupaten dan Kota Blitar. Seluruh umat Hindu di Blitar Raya secara bersamaan hadir di pantai Jolosutro Desa Ringinrejo Kecamatan Wates, salah satu Pantai terbaik di Kabupaten Blitar. Melasti sendiri merupakan ritual pensucian jiwa dengan mengambil air di samudra, dan merupakan salah satu rangkaian peribadatan umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi. Tema upacara melasti pada tahun ini adalah “Jadikan Catur Brata Penyepian Memperkuat Toleransi Ke-Bhinekaan Berbangsa dan Bernegara Demi Keutuhan NKRI”. Terlihat sekitar 2.000 orang lebih yang hadir untuk mengikuti acara malasti ini. Mereka hadir secara tertib dan rapi duduk sesuai dengan kelompoknya masing-masing untuk mengikuti ritual. Masing-masing dari perwakilan wilayah terlihat membawa bekal yang ditaruh berjajar rapi di sepanjang pantai lengkap dengan identitas wilayahnya masing-masing.

Sekitar pukul 10.30 WIB. Dilakukan upacara larung sesaji, yaitu dengan membawa “ubo rampen” yang telah dipersiapkan untuk dilarung ke laut yang di bawa oleh pemuka yang telah bersiap sebelumnya. Pada saat ritual dimulai, tampak para “pecalang” lokal telah sigap dalam membentuk pagar betis untuk menjaga kelancaran ritual. Selain itu, para pecalang juga terlihat begitu sigap dan tanggal tatkala ada penonton yang tanpa sadar berdiri agak ke tengah laut. Karena ombak yang datang begitu besar dan tiba-tiba.

Hadir dalam acara ini Bupati Blitar, Bapak H. Rijanto, MM didampingi Kapolres Blitar, Dandim 0808, Ketua PHDI Provinsi Jawa Timur, Kepala Kantor Imigrasi Blitar, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Perhubungan, Guntur Wahono Anggota DPRD Kab Blitar, Muspika Kecamatan Wates, Kepala Desa Ringinrejo dan Sukorejo, serta Kepala Dinas/Instansi di Kecamatan Wates. Dalam sambutannya, Bupati Blitar mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Panitia Penyelenggara Melasti dan pihak-pihak terkait, yang bersinergi sehingga acara ini berlangsung dengan aman, tertib dan lancar sebagai salah satu wujud kebhinekaan yang ada di Kabupaten Blitar.

Kesuksesan acara Melasti di Pantai Jolosutro merupan perwujudan kerja sama yang baik, dari Panitia Penyelenggara, Muspika, warga Jolosutro, karang Taruna Desa Ringinrejo, Anggota RAPI, Forkom, Banser dan organisasi kemasyarakatan lain. Selama perjalanan kehadiran para pecalang dan relawan lain sangat membantu sekali dalam melancarkan perjalanan. Mulai dari pos Brongkos Kesamben sampai lokasi, sudah terlihat keberadaan para relawan radio komunikasi dari seluruh wilayah Kabupaten Blitar. Salah satu yang patut diapresiasi juga adalah kehadiran para Pecalang lokal yang bersinergi dengan relawan komunikasi dan aparat TNI/POLRI yang bersiaga di titik-titik rawan dengan termasuk, juga di titik jembatan darurat. Hal ini sangat membantu sekali para penggunjung dari dan/atau menuju Pantai Jolosutro.(hms/adv/mam)

post-top-smn

Baca berita terkait