Tuesday, 20 April 2021

Unik, Cara Korem 081/DSJ Ajak Amalkan Nilai-Nilai Luhur Pancasila

post-top-smn
Unik, Cara Korem 081/DSJ Ajak Amalkan Nilai-Nilai Luhur Pancasila

Suaramedianasional.co.id – Korem 081/DSJ turut serta memeriahkan Festival Perahu Nusantara dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD dan HUT Ke-71 Kodam V/Brawijaya di Taman Prestasi Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/12/2019).

Dalam kesempatan itu, Korem 081/DSJ menampilkan perahu dari Kerajaan Sriwijaya yang dihias dengan menyerupai Burung Garuda Pancasila.

Terkait apa yang ditampilkan itu, Kasetum Rem 081/DSJ Lettu Czi Sutono yang turut terlibat langsung dalam pembuatannya, menjelaskan makna dan pesan yang terkandung di balik semua itu.

“Perahu Kerajaan Sriwijaya yang ditampilkan oleh Korem 081/DSJ, menggambarkan betapa kuatnya Kerajaan Sriwijaya di masa lampau dan menjadi salah satu kerajaan terbesar di Nusantara,” tutur Sutono selepas Festival Perahu Nusantara.

“Dari Haluan Kapal hingga keseluruhan bagian kapal dihias dengan satu kesatuan yang utuh dari Lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Garuda Pancasila,” jelasnya.

Menurut Sutono, hal itu menunjukkan, jika nilai-nilai yang terdapat dalam setiap sila dan butir Pancasila sudah ada sejak jaman Kerajaan Sriwijaya hingga kini, serta sudah mendarah daging dan menjadi kepribadian Bangsa Indonesia.

“Dengan karya Perahu Kerajaan Sriwijaya dan melalui momen yang baik dalam memperingati Hari Juang TNI-AD Ke-74 dan HUT Ke-71 Kodam V/Brawijaya, kami ingin mengajak seluruh Prajurit Kodam V/Brawijaya dan seluruh rakyat Indonesia, untuk senantiasa dapat mengamalkan setiap nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” pungkasnya. (Arwang)

post-top-smn

Baca berita terkait