Friday, 30 October 2020

Unair Siap Fasilitasi Uji Kompetensi Wartawan

post-top-smn

ukw Surabaya, SMN – Universitas Airlangga (Unair) dipercaya oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) wilayah Jawa Timur untuk memfasilitasi uji kompetensi wartawan. Uji kompetensi itu sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas wartawan sebagai pemberi kabar.

Rektor Unair, Prof Dr Moh Nasih, Rabu (5/4) menyatakan pihaknya siap membantu untuk hal tersebut. Ia menjelaskan bahwa saat ini Unair tengah memroses penyusunan kurikulum dan materi uji. “Jurnalistik adalah tugas mulia, sebagai penyampai pesan dan kabar sebagaimana Nabi. Untuk itu UNAIR siap membantu,” ujar Nasih.

Ketua Pusat Informasi dan Humas Unair, Suko Widodo menjelaskan timnya tengah menyiapkan dan menyusun kurikulum dan materi uji. Ia juga menambahkan bahwa semua jurnalis yang bergerak di media cetak, radio, televisi, dan online akan diikutsertakan untuk melakukan uji kompetensi.

“Kita kan punya program studi Ilmu Hukum, Komunikasi, dan Sastra. Jadi. sangat tepat PWI menggandeng kami (UNAIR), Uji kompetensi ini sebagai cara kita membantu peningkatan kualitas jurnalisme bagi para pekerja media,” tambah Suko.

Seperti diketahui, Di sela peringatan acara puncak perayaan Hari Pers Nasional di Gedung Negara Grahadi beberapa pekan lalu, Ahmad Munir selaku Ketua Umum PWI Jatim menuturkan, peran media hari ini sangat sentral. Oleh karena itu, kualitas berita yang dihasilkan harus bisa dipercaya oleh publik. “Media kalau tidak berkualitas, bisa tidak dipercaya oleh publik. Untuk itu kami menggandeng perguruan tinggi untuk bantu proses uji profesionalitas wartawan,” terangnya. (Her/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait