Saturday, 8 May 2021

Tugu Masuk Kota Ngawi Diganti Tugu Gading

post-top-smn

gambar tugu gading yang akan menghiasi perempatan Kartonyono.

 

 

Ngawi, SMN – Tugu masuk kota Ngawi akan segera berganti wajah. Tugu yang dikenal sebagai tugu Kartonyono itu, sebelumnya berbentuk mirip adipura dengan taman di sekelilingnya.

Sejak 29 Juni 2018 lalu, tugu tersebut sudah dibongkar untuk selanjutnya dilakukan pembangunan tugu yang baru. “Bentuk tugu yang baru adalah gading gajah sesuai dengan daerah Ngawi yang memiliki sejarah penemuan gading-gading purba,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Hadi Suroso.

Desain tugu sesuai dengan pilihan terbanyak dari masyarakat setelah Pemkab membuat sayembara dan mengambil 5 nominasi terbaik. “Karya terbanyak yang dipilih ya ini, hasil gambar Triyono,” ujar Suroso, sapaan akrabnya.

Pembongkaran lokasi tugu yang tepat berada di tengah-tengah perempatan itu sendiri, sedikit mengganggu pengguna jalan, apalagi memakan area yang cukup luas.

Perempatan di sekitar tugu adipura itu sendiri dikenal sebagai daerah Kartonyono. Ini merunut pada sejarah yakni nama kepala desa pertama di Margomulyo, lokasi tugu dibangun. Dengan adanya tugu berbentuk gading gajah dihiasi manusia purba ini, belum diketahui apakah akan diberi nama khusus. (ari)

 

post-top-smn

Baca berita terkait