Wednesday, 28 October 2020

TRIP Wisata Kampe Beach Diminati Pengunjung

post-top-smn
Pengurus dan Pengelola Wisata Kampe Beach Desa Bengkak Kecamatan Wongsorejo

Pengurus dan Pengelola Wisata Kampe Beach Desa Bengkak Kecamatan Wongsorejo

Banyuwangi, SMN – Route perjalanan berawal dari Kampe Desa Bengkak, Kecamatan Wongorejo menuju ke pulau Tabuhan membutuhkan waktu antara 20 – 30 menit menggunakan alat transportasi berupa kapal perahu mesin kapasitas 3 GT yang tersedia disana ada sebanyak 20 unit siap untuk mengantarkan berwisata.

Seperti disampaikan Ketua Kelompok Kampe Beach Sudahri saat ditemui SMN mengatakan, Satu kali jalan Kampe – Tabuhan PP untuk sewa perahu dipatok harga sebesar Rp 450 ribu (untuk maksimal penumpang 10 orang) dengan fasilitas left Jaket dan perlengkapan sefety. Selain itu, alat perlengkapan snorkling juga tersedia disana. Per unit disewakan seharga Rp 25 ribu, sepatu katak Rp 15 ribu, Kamera Underwater Rp 150 ribu, begitupula untuk jasa Guide kita hanya merogoh kocek sebesar Rp 100 ribu saja.

Menurutnya, perjalanan setelah menuju ke Pulau Tabuhan bisa ditunggu maksimal hingga selama 4 jam dan bila berangkat dipagi hari sorenya dijemput sesuai dengan permintaan pembicaraan awal. Namun, bilamana bermalam dipulau Tabuhan hanya dikenakan tambahan sebesar Rp 100 ribu sebagai tambahan jasa untuk transportasi penjemputan.

“Route Kampe menuju ke Pulau Menjangan “ dibutuhkan waktu hingga 1 jam lamanya perjalanan menggunakan jasa transportasi perahu mesin. Untuk biaya yang dibutuhkan sedikitnya sebesar Rp 2 juta ( maks 10 orang, Jasa Guide plus kamera Underwater ). Selain itu juga, biaya sebesar itu sudah termasuk fasilitas snorkling, pembayaran biaya tiket masuk kawasan menjangan plus makan 1 kali dan perjalanan dari Kampe – Pulau Tabuhan “ hingga menuju ke Pulau Menjangan PP dipatok dengan tarif sebesar Rp 2,2 juta,” Terangnya.

Saat ini, pengelolaan wisata yang ada di Kampe diberi nama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) “Kampe Beach “ yang bersekretariat di Kampe Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo. Bila ditempuh dari Kota Banyuwangi membutuhkan waktu kuranglebih selama 20 menit melalui perjalanan darat, karena jarak tempuh dari Kota Banyuwangi berjarak sekitar kuranglebih  15 km.

Kepengurusan Pokdarwis Kampe Beach sekarang ini sudah mempunyai legalitas / berbadan hukum yang berorientasi mengenai ke pariwisataan. Tak hanya itu, program mereka kedepan akan terus meningkatkan pelestarian Sumber Daya Alam (SDA) yang ada disepanjang Pesisir pantai di Desa Bengkak dan sekitarnya.(Edhi)

post-top-smn

Baca berita terkait