Sunday, 24 January 2021

Tradisi Rebutan Ancak di Acara Ruwah Dusun Urung Urung Desa Jatijejer Trawas

post-top-smn

Exif_JPEG_420

Mojokerto, SMN – Hampir seluruh kepala desa yang ada di trawas berkumpul di balai desa Jatijejer untuk menghadiri acara ruwah dusun pada hari kamis tanggal 4 mei 2017.acara juga dihadiri oleh Bapak Camat Iwan Abdillah, jajaran kepolisian dari polsek trawas.

Masyarakat dusun urung urung desa Jatijejer sebagian besar masih peduli pada pelaksanaan upacara upacara adat,mereka masih meyakini akan manfaat dari pelaksanaan upacara adat yang sudah terselenggara sejak zaman dahulu sehingga mereka masih melestarikan upacara upacara adat, salah satu upacara adat yang dilestarikan adalah upacara adat sedekah bumi. dalam acara sedekah bumi masyarakat dusun urung urungtelah menyajikan acara yang menarik.sekitar pukul 10.00 wib kirab ancak yang berjumlah 19 buah sudah mulai jalan keliling kampung.bahkan begitu antusiasnya dan seakan tidak mengenal lelah  rute yang seharusnya sudah sampai finish diperpanjang lagi lebih jauh menjangkau pelosok dusun.

19 ancak dibuat penuh kreatifitas oleh masing masing RT ada yang berbentuk burung garuda, naga bahkan kubah masjid. Setelah berkeliling dusun ancak dibawa ke balai desa Jatijejer.

“Inilah saat yang menarik perhatian saya karena ini berbeda dengan ruwah dusun lainnya karena ancak belum semua terkumpul sudah jadi rebutan masyarakat yang melihat prosesi ruwah ini dan hebatnya yang rebutan ancak bukan orang dusun urung urung melainkan orang luar dusun, ada semacam larangan bagi warga urung urung ikut berebut ancak menggambarkan bentuk sedekah itu untuk orang lain.” Ungkap Bpk Iwan Abdillah selaku camat trawas.

Dalam sekejap ancak ancak tersebut  sudah habis ludes hanya tertinggal kerangka ancak. Acara berjalan lancar dan terkendali karena adanya bantuan keamanan dari relawan Macan Putih Trawas.

Bapak kepala desa berharap dan berdo’a untuk masyarakat dusun urung urung semoga diberikan rahmat, keselamatan dan barokah sebagaimanado’a yang tujukan pada leluhur.(ful)

post-top-smn

Baca berita terkait