Friday, 4 December 2020

Track Downhill Lengkapi Wanawisata Sumber Podang

post-top-smn

trak 1  

Kediri, SMN – Bersepeda merupakan salah satu kegiatan yang mengasyikkan sekaligus bisa berolahraga. Namun apa jadinya bila bersepeda dengan menyusuri jalur alam liar yang menurun di pegunungan? Kegiatan ini akrab disebut Downhill, yakni olahraga bersepeda yang menuruni daerah pegunungan melewati jalur (track) yang sangat ekstrem.

Perlengkapan untuk Downhill sangat berbeda bila dibandingkan dengan olahraga bersepeda lain. Mulai dari jenis sepedanya, kostum, helm, celana dan kacamata yang dipakai juga khusus, serta harus memakai body protector sebagai pengaman saat benturan dan jika terjatuh.

Downhill dikatakan sebagai olahraga ekstrem karena track yang dilewati adalah track menurun yang curam, serta ada banyak rintangan (batu, pepohonan, dan kondisi track yang tak menentu). Di Jawa Timur track Downhill hanya ada 4, yakni di Pacet Mojokerto, Tulungagung, Malang dan Kabupaten Kediri.

trak 2

Di Kabupaten Kediri, track Downhill berlokasi di desa Joho Kecamatan Semen. Track Downhill ini bernama “Sumber Podhang Bike Park”, yang diresmikan oleh Wakil Bupati Kediri pada hari Jum’at (27/2). “Ini merupakan salah satu destinasi wisata olahraga, dan juga sebagai wadah untuk para atlet Downhill agar dapat meningkatkan prestasinya. Kabupaten Kediri memiliki atlet-atlet downhill yang bagus-bagus dan sudah terbukti dengan prestasi.” Ujar Masykuri.

Salah satu atlet Downhill Kediri adalah Heru Eko Nurcahyono. Pria berbadan tegap ini telah meraih segudang prestasi tingkat Nasional. Di tahun 2010 Heru berhasil menyabet Juara Umum dengan meraih Juara 1 Tingkat Nasional. Di tahun 2012 dan tahun 2014, Heru meraih Juara 2 Nasional.

Heru menuturkan bahwa dirinya senang karena di Kabupaten Kediri telah ada track Downhill. “Dengan adanya track Downhill di Kediri ini, para atlet bisa berlatih dengan maksimal. Karena sebelumnya untuk latihan saja harus nebeng di kota tetangga.” Terang Heru.

Heru tergabung dalam KEDOC (Kediri Downhill Community). Saat ini anggota Kedoc berjumlahkan kurang lebih 70 orang. “Sedangkan untuk anggota yang sudah berprestasi di tingkat nasional ada 7 orang.” (adv/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait