Tuesday, 24 November 2020

Tingkatkan Pelayanan Masyarakat Dalam Menyongsong Akreditasi Puskesmas Bangsal Dan Puskesmas Tawangsari Mojokerto

post-top-smn
UPT Puskesmas Bangsal

UPT Puskesmas Bangsal

Mojokerto, SMN – Didalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan sangat penting di fasilitasi kesehatan. Salah satunya di Puskesmas, pelayanan kesehatan wajib diberikan berdasarkan standar pelayanan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dengan memperhatikan masukan dari pemerintah Daerah, organisasi profesi, dan/atau masyarakat. Akreditasi pukesmas sendiri merupakan suatu pengakuan terhadap hasil dari proses penilaian Eksternal oleh komisioner Akreditasi terhadap pukesmas, apakah sesuai dengan standar Akreditasi yang ditetapkan.

Puskesmas sebagai salah satu isntansi pelayanan publik sangat dituntut sekali untuk dapat memberikan pelayanan yang berkualitas pada semua masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Sesuai dengan permendes nomor 75 tahun 2014, Puskesmas sebagai unit pelaksana teknis (UPT), Dinas kesehatan harus memberikan pelayanan yang bersifat upaya kesehatan perorangan (UKP), dan upaya kesehatan masyarakat (UKM) dengan menginakan standart Akreditasi Puskesmas.

Dinas kesehatan Kabupaten mojokerto menargetkan akan mengajukan 10 Puskesmas yang akan mengikuti penilaian Akreditasi. Dua diantaranya Puskesmas Bangsal dan Puskesmas Tawangsari kec. Trowulan yang telah dilakukan survei oleh tim Akreditasi pada tanggal 8 – 10 mei 2017 kemarin.

Dalam pemaparan, jika pukesmas sudah meraih Akreditasi, maka semua pertamannya, masyarakat yang kurang diintegrasikan untuk menjadi peserta dalam progam JKN-KIS penerima bantuan iuran (PBI) daerah secara bertahap. Tercatat, tahun ini sudah ada 5 rb peserta yang telah diintegrasi menjadi peserta KIS-PBI daerah. Dalam progam tersebut, biaya iuran sebesar Rp. 1,3 miliar selama setahun. Sedangkan masyarakat yang lain, masih bisa dibiayai dengan progam surat penyataan miskin (SPM) untuk pelayanan kesehatan dasar, primer maupun rujukan.”paparnya.

Ditahun 2016 Dinas kesehatan Kabupaten mojokerto telah realisasi/membangun 7 Puskesmas rawat inap, perbaikan 16 Puskesmas dan 22 unit pustu. Dalam pembangunan Puskesmas ditahun 2016, Puskesmas kutorejo meraih Akreditasi utama. “Tujuan utama Akreditasi Puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap system manajemen  mutu,system   penyelenggaraan pelayanan serta progam dan penerapan manajemen. Tentu saja Akreditasi ini bukan sekedar penilaian untuk mendapatkan sertifikat Akreditasi.(ful)

 

post-top-smn

Baca berita terkait