Sunday, 20 September 2020

Tingkatkan Kapasitas Kader untuk Mengembangkan Posyandu

post-top-smn
Bupati Haryanti meminta para kader posyandu untuk senantiasa semangat melayani masyarakat

Bupati Haryanti meminta para kader posyandu untuk senantiasa semangat melayani masyarakat

Bupati Haryanti meninjau stand UMKM dari ibu-ibu PKK

Bupati Haryanti meninjau stand UMKM dari ibu-ibu PKK

Kediri, SMN – Bertempat di Gedung Serbaguna Papar pada Rabu pagi (1/6), Pemerintah Kabupaten Kediri mengadakan kegiatan Revitalisasi Posyandu tahun 2016. Kegiatan ini mengambil tema Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu untuk Mengembangkan Posyandu di Kabupaten Kediri. Kegiatan ini  diikuti oleh seluruh kader Posyandu eks Korcam Papar, meliputi Papar, Plemahan, Purwoasri, Kunjang, Kayen Kidul dan Pagu.

“Inti pertemuan ini adalah untuk saling bertemu dan mengenal antar kader, menambah ilmu dan semangat agar bakti pada masyarakat tidak luntur”, ungkap Bupati Kediri Haryanti Sutrisno. Dalam kesempatan ini Bupati Haryanti menyempatkan waktu untuk bagi-bagi hadiah pada para kader. “Nama Posyandu baru dikenal setelah tahun 1984, Apakah nama wadah kegiatan  ini sebelumnya?”, tanya ibu Bupati pada para kader. Tiap peserta berusaha menjawabnya, tapi tidak ada satupun yang benar. “Jawaban yang benar Taman Gizi”, ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan salah satu bentuk upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat, untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita. Tujuh kegiatan utama Posyandu (Sapta Krida Posyandu) antara lain, kesehatan ibu dan anak, Keluarga Berencana (KB), imunisasi, peningkatan gizi, penanggulangan diare, sanitasi dasar dan penyediaan obat esensial.(hms/adv/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait