Friday, 4 December 2020

Tiket Mudik Gratis Kereta Api Lokal Mulai Bisa Dipesan

post-top-smn
Ilustrasi

Ilustrasi

Jatim, SMN – Tiket mudik Gratis Lebaran dengan Kereta Api (KA) lokal bisa dipesan mulai Jumat (24/6) atau 7 hari sebelum hari pemberangkatan. Tiket mudik gratis dengan KA tersebut untuk keberangkatkan menjelang Lebaran mulai 1 Juli 2016.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto dikantornya Kawasan Stasiun Gubeng, Surabaya, Kamis (23/6) mengatakan, tiket mudik gratis dengan KA lokal tersebut bisa dipesan stasiun-stasiun terdekat yang dilalui oleh kereta Api untuk balik maupun mudik gratis diwilayah Jawa Timur.

Untuk mudik dan balik gratis Lebaran tahun 2016, disiapkan  14 perjalanan KA lokal dengan tujuan berbagai kota di wilayah Jawa Timur daftar KA dan tujuan  dengan jumlah tiket  11.785 perhari atau total 113.080 tiket selama pelaksanaan mudik dan balik gratis Lebaran tahun 2016.

Khusus KA lokal Penataran relasi Surabaya Gubeng- Blitar lewat Malang, KA Dhoho relasi Surabaya Gubeng lewat Kediri,  KA Tumapel dan KRD relasi Surabaya Gubeng-Kertosono serta KRD relasi Sidoarjo-Bojonegoro pemesanan tiket bisa dilakukan pada H-7 menjelang Lebaran. Atau untuk mudik gratis mulai pemesanan tanggal 24 Juni 2016  Balik gratis mulai pemesanan tanggal 1 Juli 2016.

Bagi masyarakat yang ikut mudik gratis dengan KA pada pemesan tiket mudik gratis wajib menyertakan foto kopi KTP atau Kartu Keluarga (KK)  atau KTM dan Kartu Pelajar bagi pelajar atau mahasiswa. Satu pemesan dibatasi hanya maksimal 4 tiket untuk empat orang. Tiket yang sudah didapat oleh pemudik/balik gratis tidak bisa dibatalkan atau ditunda atau dialihkan kepada orang lain. Sementara begasi barang bawaan penumpang yang melebihi dari ketentuan yang berlaku akan dikenakan biaya sesuai dengan  peraturan.

Sementara tiket  angkutan mudik dan balik gratis menggunakan KA, masyarakat bisa memesan di  stasiun online terdekat dengan syarat : Pemesanan tiket mudik dan balik gratis 2016 bisa dilakukan H-30 khusus untuk KA Probowangi dan Tawang Alun. Pemesanan tiket mudik gratis telah dimulai Jumat 3 sampai 7 Juni 2016  lalu untuk keberangkatan 1 sampai 5 Juli 2016.

Untuk   KA   Probowangi   relasi Surabaya   Gubeng – Banyuwangi   dan   KA   Tawang   Alun   relasi Malang  Kota Baru-Banyuwangi  mudik gratis berlaku mulai tanggal 3-5 Juli. Pada arus balik untuk KA Probowangi mulai tanggal 8-10 Juli,  sedang KA Tawang Alun untuk arus balik hanya berlangsung tanggal 8 dan 9 Juli 2016.

Perlu diketahui, masyarakat tiket mudik gratis KA tanpa dipungut uang. Masyarakat agar waspada, jika ada yang menawari tiket mudik gratis tapi harus membayar dengan sejumlah uang harus ditolak dan dilaporkan ke petugas. Program tahunan Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini adalah untuk membantu masyarakat Jawa Timur  untuk bisa  merayakan  Hari   Raya  Idhul  Fitri tahun 2016 atau 1437 H di kampung halamannya.

Program mudik dan balik gratis Lebaran 2016 dengan kereta api merupakan kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perhubungan dan LLAJ dengan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI)   Daerah Operasi 8 (Daop 8) Surabayar. (ryo/kominfojatim)

post-top-smn

Baca berita terkait