Thursday, 22 October 2020

Tempat Bersarangnya Malaria Disulap Menjadi Rest Area Wisata

post-top-smn
Lokasi sarangnya Malaria dan pembersihan menggunakan alat berat secara bertahap sudah dilakukan.

Lokasi sarangnya Malaria dan pembersihan menggunakan alat berat secara bertahap sudah dilakukan.

Banyuwangi, SMN – Rasa kepedulian akan kelestarian lingkungan yang diapresiasi kelompok masyarakat yang tergabung dalam Pokmaswas Pesona Bahari patut menjadi contoh dan inspirasi. Karena, sebuah tempat yang dulunya diklaim sebagai sarangnya malaria kini secara bertahap dibersihkan  untuk pengembangan rest area wisata.

Upaya pembersihan dibutuhkan kuranglebih sebulan kedepan dan sekaligus untuk melakukan penataan yang rencananya akan dijadikan sebuah tempat pemancingan ikan jenis air payau dan beberapa titik homestay serta kuliner ikan bakar.

Hal itu disampaikan, Ketua Pokmaswas Pesona Bahari, Abdul Azis mengatakan ia bersama – sama seluruh anggotanya secara bertahap mulai membersihkan ilalang dan tanaman liar yang berdekatan dengan aliran sungai menuju ke laut. Selanjutnya, akan melakukan penanaman ratusan pohon cemara untuk menjadikan tempat suasana pemandangan baru.

“Pohon cemara ini yang nantinya ditanam sangat banyak manfaatnya, selain akarnya bisa mengatasi abrasi dan bisa sebagai tempat peneduh. Jenis cemara udang selain kuat akan cuaca panas, rata – rata bisa maksimal tumbuh disepanjang pantai. Pemikiran kita kedepan kesemuanya ini bisa bermanfaat bagi masyarakat dan semua orang,” Terangnya.

Selain itu, berbagai macam terobosan nantinya akan dilakukan untuk menumbuh kembangkan pelestarian alam yang ada didarat ataupun diperairan laut. Dan, beberapa waktu lalu sudah menambah rumpon untuk berkembangbiaknya terumbu karang dan ekosistem ikan yang ada dibawah laut.(Edhi Prasetyo)

post-top-smn

Baca berita terkait