Saturday, 26 September 2020

Tekan Harga Kebutuhan Pokok Jelang Lebaran Pemkab Gelar Pasar Murah

post-top-smn
Kegiatan pasar murah yang diadakan di halaman Kantor Pemkab Tulungagung

Kegiatan pasar murah yang diadakan di halaman Kantor Pemkab Tulungagung

Tulungagung, SMN – Dalam rangka menekan harga kebutuhan pokok menjelang datangnya hari raya Idul Fitri 1437 H Tahun 2016 M  Pemkab Tulungagung berkerja sama dengan Organisasi Wanita Tulungagung  menggelar kegiatan pasar murah.  Kegiatan yang direncanakan  selama 10 hari mulai tanggal 21 Juni 2016 hingga  30 Juni 2016 tersebut diselenggarakan di halaman Kantor  Pemkab Tulungagung dan dibuka secara resmi oleh Bupati Tulungagung Syahri Mulyo SE. MS.i, Selasa, 21   Juni 2016. Ketua Panitia kegiatan yang juga menjabat Kepala Bagian Perekonomian Drs. Bambang Ermawan M.Pd, dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan diadakannya pasar murah adalah untuk membantu stabilitas harga dan ketersediaan komoditi masyarakat dalam rangka menyambut hari raya idul fitri tahun 2016 /1437 H terutama kebutuhan sembako, aneka kue lebaran, minuman, sandang papan alat transportasi, komunikasi estetika dan lain lain dengan harga relatif murah, tidak kedaluarsa dan berkwalitas.

“ Kegiatan ini merupakan suatu bentuk implementasi dari peranan Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kabupaten Tulungagung dalam hal menjaga stabilitas harga, ketersediaan kebutuhan pokok dan distribusi komoditi menjelang Bulan Suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1437 H sesuai surat Menteri dalam Negeri RI Tanggal 2 juni 2016 Nomor 511.1/2014/SJ.” Kata Bambang. Lebih lanjut Bambang mengatakan untuk peserta pasar murah tahun ini ada 74 Stand terdiri dari Tim Penggerak PKK, Bayangkari, Persit Kartika Candra Kirana, Darma Wanita Persatuan Setda, Darma Wanita UPT Tk Jatim di Tulungagung, IWAPI, LSM dan aliansi Jurnalistik, Kelompok UMKM dibidang sandang, pangan , papan, Transportasi Komunikasi, estetika, ( cek kulit Gratis ) dan hiburan, serta Organisasi Pendidikan.

Terakhir bambang mengatakan bahwa pada pasar murah tahun ini terdapat penjualan beras dari bulog Sub Divre Tulungagung dan beras murah toko Tani Indonesia yang merupakan program pemberdayaan usaha pangan masyarakat ( PUPM – TTI ) melalui stand lingkup pertanian ( BKPP ) Tulungagung. Bupati Tulungagung Syahri Mulyo SE, MSi,  dalam sambutannya pada pembukaan pasar murah ini diantaranya menyampaikan bahwa pasar murah merupakan momentum yang bagus untuk mengeksplorasi produk – produk unggulan daerah dan diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi peserta dan masyarakat di Kabupaten Tulungagung sesuai Instruksi Mendagri tanggal 2 April 2013 No. 027 /1696/SJ tentang menjaga keterjangkauan barang dan jasa di daerah, sehingga inflasi di Kabupaten Tulungagung di harapkan dapat lebih ditekan dan masyarakat dapat menikmati harga komoditif yang dibutuhkan dengan relatif murah.

“ Pasar murah ini bagi masyarakat dapat memenuhi kebutuhan lebaran baik sandang, pangan, papan dengan mudah, murah, hyginis dan berkualitas karena diawasi SKPD terkait sebagai warga binaan. Sedangkan Bagi peserta pasar murah yang merupakan kelompok UMKM di bidang sandang, pangan, papan, transportasi, komunikasi, estetika dan hiburan. Dapat menunjukkan produknya kepada masyarakat umum bahwa inilah produk unggulan daerah yang berkualitas. Oleh karna itu usahakan kemasan yang bagus, promosi yang lebih menarik serta harga murah dan terjangkau oleh masyarakat umum” . kata Bupati. Bupati mengharapkan moment ini dapat juga dijadikan sebagai ajang promosi yang lebih potensial bagi para pelaku usaha UMKM di Kabupaten Tulungagung. Selain itu diharapkan masyarakat lebih bijaksana dalam berkonsumsi, tidak melakukan pembelian bahan kebutuhan pokok secara berlebihan dan melakukan penghematan dalam penggunaan BBM, sehingga adanya demonstration effect yang berlebihan bagi masyarakat dapat dihindari.

Pembukaan pasar murah ditandai dengan pengguntingan untaian bunga melati oleh Ny. Wiwik Syahri Mulyo  didahului dengan kegiatan sosial berupa penyerahan bingkisan kepada masyarakat yang kurang beruntung disekitar Lokasi pasar sekitar 20 paket sembako secara simbolis diberikan kepada 8 orang oleh Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, SE, M.Si.(hms/adv/yas)

post-top-smn

Baca berita terkait