Thursday, 3 December 2020

Taman Ngronggo Kota Kediri Yang Hijau

post-top-smn
Tampak depan pintu gerbang Taman Kota Ngronggo di Jalan Kapten Tendean Kelurahan Ngronggo

Tampak depan pintu gerbang Taman Kota Ngronggo di Jalan Kapten Tendean Kelurahan Ngronggo

Kediri, SMN Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Kediri, memiliki salah satu taman kota di Ngronggo, Taman Kota Ngronggo ini sangat indah kalau dilihat dari sisi timur. Jumat (15/04) nampak sangat banyak pengunjung taman, apalagi kalau pada saat liburan. Kepala Dinas DKP Didik Catur, melalui Kabid Pertamanan Rony Yusyanto menyampaikan,

“Divisi Pertamanan merupakan salah satu seksi di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP), sedangkan Bidang Pertamanan ini meliputi Pemakaman dan Penerangan Jalan Umum (PJU). Pengelolaan pertamanan bergerak dibidang Taman kota, Pedestrian kota, Pohon Tepi jalan, dan Ornamen taman yang berada dalam fasilitas umum”.

Selanjutnya untuk jangkauan Pelayanan Pertamanan, adalah sosialisasi RTH, pemeliharaan taman, penanganan dan pemeliharaan pohon lindung tepi jalan, dan pemeliharaan sarana dan prasarana taman, juga Monitoring dan evaluasi Pertamanan.

Kepala Bidang Pertamanan, Rony mengatakan, “Keberhasilan Pertamanan akan terwujud apabila terjadi kepedulian dan peran serta dari masyarakat bersama dengan Pemerintah Kota Kediri. Untuk Profil taman kota dalam lingkup pengelolaan DKP Kota Kediri ada beberapa taman, diantaranya: Taman Ngronggo, Taman Sekartaji, Taman Kawasan Sodanco Supriyadi dan Taman Aloon-aloon”.

Rony juga berharap agar masyarakat terutama warga pengunjung taman agar mempunyai kesadaran yang tinggi untuk turut serta menjaga, memelihara dan merawat keberadaan taman kota ini. Taman Ngronggo ini seluas 0,6 Ha sudah dilengkapi dengan fasilitas umum toilet gratis, tempat parkir, juga baru ada penambahan/pembangunan tempat duduk baru.

Pak Abu, (45 thn) salah satu juru parkir taman yang ditemui mengatakan, “Bidang pertamanan baru saja menambah beberapa jenis tanaman baru, termasuk kol bandang dan puring”. Penambahan tanaman ini memang diharapkan bisa menambah variasi jenis tanaman, untuk menambah keindahan juga tentunya semakin membuat teduh/sejuk taman sehingga warga pengunjung akan merasa lebih nyaman dalam menikmati keindahan Taman Ngronggo ini.

Memang taman ini cukup strategis terletak tepat disamping rel kereta api, sehingga cukup memberikan alternativ pemandangan yang sangat indah terutama pada saat ada kereta api yang sedang lewat, anak-anak pasti menyukainya selain juga banyak permanian yang telah disediakan untuk anak (Adv./DKP/SMG)

post-top-smn

Baca berita terkait