Sunday, 12 July 2020

Tahun 2016, Telkom Modernisasi 71 STO

post-top-smn
PT Telkom Indonesia

PT Telkom Indonesia

Jatim, SMN – PT Telkom Indonesia pada tahun 2016 menargetkan sebanyak 71 Sentral Telepon Otomat (STO) akan dilakukan modernisasi dengan menggunakan teknologi Fibre to The Home dan optimalisasi Multi Dwelling Unit (MDU) (pusat terminasi layanan broadband). Dari 1250 STO yang dimiliki Telkom di seluruh Indonesia, sebanyak 640 STO telah selesai dimodernisasi dan sebanyak 212 STO lainnya saat ini sedang dalam proses modernisasi.

“Seluruh STO tersebut akan dilakukan modernisasi secara bertahap dan diharapkan selesai pada tahun 2021,” ujar Abdus Somad Arif, Direktur Network & IT Solution Telkom di Surabaya,” Senin (22/2).

Dikatakannya, modernisasi jaringan menurutnya akan mempercepat terwujudnya Telkom Video Centric Network. Modernisasi jaringan ini merupakan komitmen Telkom untuk memberikan new experience kepada pelanggan sekaligus untuk mendukung program pemerintah dalam membangun infrastruktur broadband di  seluruh Indonesia.

PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) melakukan modernisasi jaringan telekomunikasi di Surabaya ditandai dengan mematikan jaringan (shutdown) empat STO yang selama ini melayani kebutuhan telekomunikasi di Surabaya. Selanjutnya kebutuhan telekomunikasi di Surabaya akan dilayani oleh infrastruktur baru dengan menggunakan teknologi Fibre to The Home dan optimalisasi Multi Dwelling Unit (MDU) (pusat terminasi layanan broadband).

Telkom harus melakukan modernisasi infrastrukturnya khususnya terkait dengan berakhirnya masa pakai perangkat (obselete) serta perkembangan teknologi terkini tentunya. “Kegiatan modernisasi jaringan ini akan terus dilanjutkan sampai seluruh STO yang kami miliki dimodernisasi,” jelasnya.

Dikatakannya, Telkom tidak melakukan modernisasi jaringan akses kecepatan yang didapat pelanggan hanya maksimal 4 Mbps. Sementara serat optik mampu menyalurkan bandwith hingga 100 Mbps. Modernisasi jaringan tentunya sejalan dengan upaya meningkatkan layanan triple play dan keragamanan konten dengan kualitas broadband yang merupakan new experience pelanggan terhadap limitless bandwith.

Selain meningkatkan customer experience, modernisasi jaringan ini juga merupakan dukungan nyata Telkom kepada Pemerintah untuk menyediakan akses pita lebar ke seluruh pelosok tanah air yang diharapkan dapat mendukung peningkatan ekonomi masyarakat.

post-top-smn

Baca berita terkait