Friday, 23 October 2020

Sumber Mata Air di Pamekasan Madura, Diyakini Bisa Mengobati Berbagai Macam Penyakit

post-top-smn
Terlihat warga yang sedang  mengambil air, untuk dijadikan obat.

Terlihat warga yang sedang mengambil air, untuk dijadikan obat.

Pamekasan, SMN – Fenomena alam di Desa Bulangan Haji, Kecamantan Pegantenan, Pamekasan Jawa Timur. Ada sumber mata air yang diyakini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berbeda dengan sumber mata air yang baru-baru ini sempat diberitakan di Desa Tlage Pagentenan Pamekasan, ada beberapa sumur yang meluap dan mengenangi areal persawahan warga, hingga ke rumhanya. Namun sumber mata air berbeda lagi.

Kemudian wartawan Suara Media Nasional sabtu, 25/03/2017, langsung mendatangi Mattarham, untuk dimintai keterangan. Mattraham memaparkan: fenomena seperti ini pernah ada pada tahun 1970-an mas. Setelah itu tidak pernah terjadi lagi, dan baru di Tahun 2017 ini baru keluar lagi, ujarnya. Mattarham, sebagai orang yang rumahnya paling dekat dengan lokasi sumber mata air, dan orang sekitar member info kalo mattarham adalah orang yang tahu terkait keberadaan penemuan sumber mata air tersebut. sumber ini sudah ada, akan tetapi tidak sebesar sekarang.

Awalnya sumber ini hanya ada satu mata air yang kemudian baru-baru sekarang, kurang lebih satu bulan setengah sumber tersebut bertambah menjadi lima sumber mata air, dan menggemparkan warga, sebagian warga mempercayainya sebagai obat untuk bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tidak khayal jika banyak pengunjung yang berdatangan, ada yang dari jawa, banyuangi, jember dan berbagai daerah lainnya juga banyak yang berkunjung, kata Mattarham pada wartawan SMN. Disela-sela para pengunjung memaparkan pada awak media SMN, “disini kalau sore banyak pengunjung mas,” selain mereka datang untuk berobat, mereka juga datang untuk memanfaatkannya sebagai rekreasi.

Warga yang berjualan di areal sumber mata air,menyatakan bahwa sumber mata air ini bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, diantaranya penyakit strok, gatal-gatal, ginjal, dan lain-lain.

Seperti informasi yang sempat diunggah ke media social oleh akun Facebook bernama  Jacky Amim, pada 22 Maret 2017.

sekilas tentang sumber Betoh Mangar
setiap hari sumber betoh mangar yang terletak di desa Bulangan Timur Pegantenan dengan lokasi sebelah barat balai desa Bulangan Haji di sebelah timur bpk MADTARHAM. Pengunjung dari pagi sudah penuh baik dari warga sekitar dan tidak sedikit dari daerah lain. Kebetulan waktu saya ke tempat itu ada warga dari Lumajang untuk mengambil air dengan 3 drigen yang 5 literan untuk di buat obat.warga sangat antusias untuk mengunjungi karena sumber air itu dipercaya bisa menyembuhkan segala macam penyakit tentunya dengan izin Allah dan sudah banyak yang sudah terbukti.
biasanya warga dari luar daerah datang nya pada malam hari sambil bawa pasien ada yang lumpuh sekitar 4 tahun dan sudah 3 kali datang kesana dengan izin Allah sudah sembuh.
biasanya sumber air ini mati kalau sudah mau memasuki musim kemarau. sumber air ini tidak setiap tahun muncul. cerita sumber batoh mangar sudah belasan tahun tidak muncul baru tahun 2016 dan 2017.
(hen/Rosidy)

post-top-smn

Baca berita terkait