Saturday, 8 May 2021

Sukseskan Pilkada, KPU Kota Kediri Hadiri Deklarasi Anti Hoax

post-top-smn

Deklarasi kampanye anti hoax di Pura Penataran Agung Kilisuci

Kediri, SMN – Untuk menyukseskan Pilwali dan Pilgub 27 Juni 2018 mendatang, KPU Kota Kediri mendukung dan ikut menyukseskan deklarasi kampanye anti hoax. Acara tersebut digelar di Pura Penataran Agung Kilisuci, Selasa (27/3) malam.

Acara ini dihadiri oleh pengurus FKUB Kediri, Forkopimda, umat beragama di Kediri, masyarakat Kota Kediri, dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri yang diwakili oleh Kasubag Teknis, Arif Suryawan.

Komang Kusuma Sudhana selaku Ketua umat Hindu Kediri membuka acara dengan sambutan. Ia menyampaikan terimakasih atas kehidaran semua tamu undangan yang telah datang. Selanjutnya komang mangatakan bahwa umat Hindu di Kediri akan melaksanakan kegiatan ritualnya dengan terbuka dengan memadukan agama, seni, dan adat seperti kegiatan arak ogoh-ogoh berapa waktu yang lalu pada saat merayakan hari raya Nyepi umat Hindu.

“Agamamu agamamu, agamaku agamaku. Saling menghormati dan tidak saling mengganggu, karena kita umat beragama di Kediri hidup saling berdampingan. Semoga kedamaian umat beragama di Kediri terus terjaga,”tandas Komang Kusuma Sudhana.

Selanjutnya, Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Haryadi menyampaikan sambutannya. Ia menyampaikan kabar terbaru terkait dengan keamanan dan ketertiban di Kota Kediri dan mengatakan bahwa Kota Kediri relatif kondusif, dan terkait gelaran Pilkada serentak 2018 Kota Kediri relatif kondusif. Kemudian, AKBP Anthon Haryadi menyampaikan terkait masalah hoax.

“Penanganan kasus hoax, Kapolri sudah memerintahkan pembentukan Satgas anti hoax untuk menangani kasus hoax yang sedang marak. Ada salah satu kasus hoax di Kediri tempatnya di Ploso, Mojo, Kabupaten Kediri terkait dengan penyerangan alim ulama di Pondok Ploso. Namun, setelah usaha dan kerja keras menyelediki kasus tersebut dan dengan bantuan masyarakat, ternyata kasus tersebut adalah laporan palsu dan hoax terkait penyerangan alim ulama,”jelas AKBP Anthon Haryadi.

Selanjutnya, AKBP Anthon Haryadi memberikan himbauan terkait dengan berita hoax. Menurutnya masyarakat jangan cepat percaya dengan berita yang tersebar di media sosial dengan melakukan pengecekan sumber dari berita terkait.

Acara selanjutnya, pembacaan naskah deklarasi anti hoax yang dibaca oleh pengurus FKUB Kediri. Berikut adalah isi dari naskah deklarasi anti hoax.(adv/bd)

post-top-smn

Baca berita terkait