Monday, 21 September 2020

Sosialisasi Perda Kota Kediri No 3 Th 2015 Tentang Pengelolaan Sampah di Sepanjang Jalan Dhoho Kota Kediri

post-top-smn

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Kediri

DKP bersama dengan para Kader Bank Sampah sedang melakukan sosialisasi, membawa poster dan membagikan brosur pada para pedagang.

DKP bersama dengan para Kader Bank Sampah sedang melakukan sosialisasi, membawa poster dan membagikan brosur pada para pedagang.

Kediri, SMN – Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Kediri, Sabtu (04/06) tepat Pukul 19.00 BBWI mengadakan Sosialisasi Tentang Pengelolaan Sampah di sepanjang Jalan Dhoho Kota Kediri. DKP Kota Kediri, dalam hal ini Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Drs. Didik Catur HP, M.Si,   melalui Kepala Bidang Persampahan, Endang ST, menyampaikan bahwa “DKP bersama dengan para Kader Bank Sampah menyisir sepanjang Jalan Dhoho, dimulai dari sisi utara dan selatan serta kanan dan kiri Jalan. Mereka melakukan sosialisasi, membagikan brosur, menempel stiker tentang Sosialisasi Perda Kota Kediri No 3 Th 2015 Tentang Pengelolaan Sampah, serta sambil melakukan contoh pembersihan sampah dari para pedagang di sepanjang jalan. Selanjutnya DKP ingin ada sebuah perubahan perilaku kepada siapapun yang beraktifitas baik di Jalan Dhoho maupun di Seluruh Kota Kediri untuk ikut menjaga kebersihan”.

Dalam hal ini Kasi Kebersihan, Budi, dengan sangat bersemangat menyampaikan, bahwa “DKP bersama dengan penggiat-penggiat, pendekar kebersihan, relawan yang ikut peduli pada kebersihan kota untuk mewujudkan Kota Kediri yang jauh lebih bersih. Ini salah satu sasaran, sasaran target DKP ingin ada sebuah perubahan perilaku kepada siapapun yang beraktifitas di Kota Kediri untuk ikut menjaga kebersihan. DKP fokus pada jalan protocol dan padat lalu lintas ini potensial banget untuk sampah. DKP akan terus mengupayakan dengan berbagai cara dan alternative, baik dari kader bank sampah, sosialisasi dengan kelurahan atau kerja sama dengan berbagai komunitas dan seluruh SKPD yang ada di Kota Kediri. Sosialisasi Tentang Perda Kota Kediri No 3 Th 2015 Tentang Pengelolaan Sampah, sedangkan sanksinya adalah denda 200 ribu atau menyapu sepanjang 500 meter kanan dan kiri yang lokasinya ditentukan oleh DKP. Hal ini akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu.

Diharapkan Seluruh warga masyarakat di Kota Kediri sangat perlu memahami, menyadari dan melaksanakan amanat dalam PERDA di atas. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan akan menumbuhkembangkan dan memberi motivasi serta inspirasi tentang kenyamanan warga, mereka dapat menikmati Kota Kediri yang bersih dan tertata rapi. Sehingga hal ini akan dapat mewujudkan dan mencapai Kota Kediri sebagai pusat perdagangan, jasa, dan pariwisata serta industri kreatif (Adv./DKP/SMG).

LARANGAN DAN SANKSI SOSIALISASI PERDA KOTA KEDIRI NOMOR 03 TAHUN 2015 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH

LARANGAN PASAL 38

SANKSI

  • Memasukkan sampah kedalam wilayah daerah atau
  • Mengimpor Sampah
  • Hukuman Pidana penjara 3- 9 th atau denda Rp 100 jt – Rp 3 miliar rupiah
  • Mencampur sampah dengan B3
  • Mengelola sampah yang menyebabkan pencemaran
  • Membakar Sampah
  • Hukuman Pidana penjara 4 – 10 tahun atau denda Rp 100 jt – Rp 5 miliar rupiah
  • Membuang sampah tidak pada tempatnya
  • Membersihkan sampah di jalan 500 mtr atau denda 200 rb
  • Melakukan penanganan sampah diruang terbuka
  • Hukuman Pidana 1 bln atau denda Rp 10 jt

DKP Kota Kediri JL. Mayor Bismo No. 04 TELP. (0354) 682336

 

post-top-smn

Baca berita terkait