Sunday, 29 November 2020

Sosialisasi JKN dan Imunisasi Campak Rubella

post-top-smn
Suasana acara Sosialisasi JKN serta Sosialisasi Imunisasi Campak Rubella di kantor Desa Gandusari

Suasana acara Sosialisasi JKN serta Sosialisasi Imunisasi Campak Rubella di kantor Desa Gandusari

Blitar, SMN – Untuk membangun kemitraan strategis dengan berbagai lembaga dan mendorong partisipasii masyarakat dalam perluasan kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) serta menjalankan dan memantapkan sistem jaminan pelayanan kesehatan yang efektif, efisien dan bermutu kepada peserta melalui kemitraan yang optimal dengan fasilitas kesehatan, Puskesmas Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar menggelar Sosialisasi JKN serta Sosialisasi Imunisasi Campak Rubella di kantor Desa Gandusari, Kamis (18/5).

Acara itu dihadiri oleh masyarakat Desa Gandusari yang didominasi oleh kaum perempuan, dan dibuka oleh Kepala Desa Gandusari Mudjiono selaku tuan rumah, serta petugas dari Puskesmas Kecamatan Gandusari, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sehat adalah salah satu faktor yang sangat menentukan dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu, sehat selain merupakan hak juga merupakan kewajiban, baik sebagai indivindu maupun mayarakat.

Melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ini diharapkan benar-benar dapat memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat, sehingga masyarakat dapat menerima manfaat pemeliharaan kesehatan, selain sosialisasi JKN acara juga dilanjutkan dengan sosialisasi imunisasi campak rubella, Pada waktu sosialisasi dari pihak pegawai Puskesmas Gandusari juga disampaikan bahwa sosialisasi ini bersifat pencegahan terhadap Penyakit Rubella atau orang jawa menamakan penyakit sejenis cacar. Sebenarnya penyakit ini tidak berbahaya namun apabila penyakit ini tidak kunjung sembuh, panas tidak turun disertai dengan kejang-kejang bisa mengakibatkan meninggal dunia.

Harapan dengan adanya sosialisasi Imunisasi MR dari pihak Puskesmas mengharapkan warga Kecamatan Gandusari khususnya ibu-ibu bisa mempunyai anak/balita yang sehat bebas dari penyakit Campak, berikan vaksin secara rutin untuk anak usia 9 bulan hingga usia 15 tahun.(adv/kes/mam)

post-top-smn

Baca berita terkait