Wednesday, 25 November 2020

SMKN 01 Kademangan, Sekolah Berbasis Pembentukan Karakter

post-top-smn

Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar

 Joko Soemarsono, Kepala SMK Negeri 1 Kademangan

Joko Soemarsono, Kepala SMK Negeri 1 Kademangan

Blitar, SMN Pembentukan karakter seorang manusia dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah proses pendidikan yang diperoleh secara formal maupun non formal. Derasnya informasi dan teknologi pada era Globalisasi pada saat ini sangat memepengaruhi pembentukan karakter pada anak.

SMKN 1 Kademangan sebagai salah satu lembaga pendidikan di kabupaten Blitar menjawab tantangan tersebut dengan menerapkan program pembentukan karakter yaitu antara lain Praktek keagamaan mengaji dengan menjalin kerja sama dengan pondok pesantren terdekat sebagai tim pengajar, Kegiatan Ekstra kulikuler melatih ketrampilan dan kreativitas siswa diluar intrakulikuler, Sholat lima waktu dan jumat berjamaah secara bergilir.

SMK Negeri 1 Kademangan, saat ini memiliki siswa 1943 Siswa, rencana ke depan atau 5 tahun kedepan SMK Negeri 1 KAdemangan memiliki jumlah 3000 Siswa. dengan memilki 6 (enam) Kompetensi Keahlian yaitu Agribisnis Perikanan, Agribisnis Ternak Unggas, Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Komputer Jaringan dan Pemasaran. Semua siswa di SMK Negeri 1 Kademangan telah diasuransikan, dan telah bekerja sama dengan sekolah lain, dan memiliki jaringan dengan sekolah lain terkait dengan bursa kerja.

Joko Soemarsono selaku Kepala SMK Negeri 1 Kademangan menjelaskan bahwa Sekolah dapat memberikan akses layanan pendampingan implementasi kurikulum terutama Kurikulum 2013, memberikan akses layanan teknik pembuatan bahan/ sumber belajar, memberikan akses layanan penggunaan dan teknik pembuatan Media pembelajaran Memiliki Perpustakaan lengkap, mudah diakses dalam pemberian layanan langsung tetapi masih belum on line.

Memberikan layanan dan informasi sistem pengelolaan Sarana prasarana pembelajaran untuk mendukung proses pembelajaran yang bermutu Sekolah dapat memberikan layanan dan pendampingan pembuatan media pembelajaran untuk sekolah lainnya. Sekolah memberikan layanan dan pendampingan serta pemodelan pelaksanaan pembelajaran meliputi : pendekatan saintifik, model pembelajaran, dan penilain otentik.

Berbagai prestasi yang telah diraih SMK Negeri 1 Kademangan

Berbagai prestasi yang telah diraih SMK Negeri 1 Kademangan

SMK Negeri 1 kademangan mulai tahun 2014 sudah sebagian guru yang melakukan pembelajaran jarak jauh terutama dalam pembelajaran sisiwa untuk kegiatan prakerin. Penggunaan Jaejaring social Edmodo maupun jejaring yang lain.Sesuai dengan kaidah kurikulum 2013 penilaian adalahah penilaian autentik. Pengembangan Penilaian autentik terus dilaksnanakan dan diharapkan 2015 dapat 100% guru mnerapakan penilaian ini, SMK Negeri 1 Kademangan menjadi SMK Pilot project pelaksanaan Kurikulum 2013 sehingga pendekatan dalam pembelajaran menggunakan Discovery Learning, Problem based Learning, Projec Based Learning. Penerapan pembelajaran Pengayaan maupun remedial serta pelaksanaan aktivitas Pemeblajaran berbasis ilnmia (5 M).

SMK Negeri 1 Kademangan memberikan layanan pelatihan kepada masyarakat umum, sekolah dapat dijadikan contoh dalam melaksanakan manajemen dan kepemimpinan dan SMK Negeri 1 Kademangan memberikan layanan pelatihan kepada masarakat umum Sebagai model dan pemberian layanan sekolah berwawasan lingkungan yang nyaman dan asri.

SMK Negeri 1 Kademangan memfasilitasi kerja sama dengan institusi lain, kerjasama dengan industry local, nasional yang terprogram dan memfasilitasi kerjasama pengiriman tenaga kerja. Kegiatan rekruitmen tenaga kerja melalui BKK (Bursa Kerja Khusus) SMKN 1 Kademangan yang bekerjasama dengan beberapa perusahaan, seperti : PT ALFAMART, PT ASTRA AGRO LESTARI, PT ASTRA OTOPART, PT MEDION, PT JATIM AUTOCOMP INDONESIA, PT PARAGON TECNONOLOGY AND INNOVATIONWARDAH COSMETIC, PT UNITED TRACTOR SCHOOL, dan perusahaan besar lainnya. SMK Negeri 1 Kademangan Mendapat dukungan dan pendanaan dari pemerintah daerah maupun dari pusat. Selain itu banyak dukungan pula dari DU/DI, masyarakat maupun stake holder yang lain. (mam/adv)

post-top-smn

Baca berita terkait