Wednesday, 2 December 2020

SMA Negeri 01 Talun Menuju Adiwiyata Nasional

post-top-smn

Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar

SMA Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar

SMA Negeri 1 Talun Kabupaten Blitar

Blitar, SMN – Program Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif. Dalam pelaksanaannya Kementerian Lingkungan Hidup bekerjasama dengan para stakeholders, menggulirkan Program Adiwiyata ini dengan harapan dapat mengajak warga sekolah melaksanakan proses belajar mengajar materi lingkungan hidup dan turut berpartisipasi melestarikan serta menjaga lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya.

Kepala SMAN 1 Talun Kabupaten Blitar Drs. Dwi Wahyu Hadi Santoso, M.Pd mengatakan tahun 2015 SMAN 1 talun sudah mendapatkan piagam penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi dan ditahun 2016 akan terus melakukan pembenahan lingkungan dilingkup sekolah maupun pembenahan administrasi demi mewujudkan SMAN 1 Talun menjadi sekolah Adiwiyata tingkat nasional.

Guna mempersiapkan diri ke tingkat nasional, SMAN 1 Talun akan berbenah dan siap mendukung program lingkungan yang ada di dalam komponen Adiwiyata nasional. Juga diharapkan dukungan penuh dari kepala sekolah menyangkut sarana dan prasarana yang diperlukan sehingga target menuju Adiwiyata Nasional tahun 2016 ini bisa tercapai.

Drs. Dwi Wahyu Hadi Santoso, M.Pd menjelaskan bahwa manfaat dari program adiwiyata adalah untuk meningkatkan efisiensi dalam pelaksanaan kegiatan operasional sekolah dan penggunaan berbagai sumber daya, meningkatkan penghematan sumber dana melalui pengurangan konsumsi berbagai sumber daya dan energi, meningkatkan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif bagi semua warga sekolah, menciptakan kondisi kebersamaan bagi semua warga sekolah, meningkatkan upaya menghindari berbagai resiko dampak lingkungan negatif dimasa yang akan datang dan menjadi tempat pembelajaran bagi generasi muda tentang nilai- nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar,” jelasnya.

Untuk kedepan diharapkan, Keluarga Besar SMA 1 Talun lebih bisa mengaplikasikan wawasan terkait pelestarian hidup, sehingga konsep sekolah Adiwiyata bukan hanya formalitas belaka melainkan betul-betul diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (mam/adv)

post-top-smn

Baca berita terkait