Sunday, 27 September 2020

Simulasi, Kebakaran Lantai 4 Kantor Pelindo Berhasil Dipadamkan 20 Menit

post-top-smn
Ilustrasi

Ilustrasi

Jatim, SMN – PT Pelindo III mampu memadamkan si jago merah di lantai 4 Gedung Kantor Pusat PT Pelindo III dengan waktu 20 menit dalam simulasi kebakaran kantor. Api dipadamkan sekitar dua puluh menit setelah kebakaran pukul 09.30 dibantu oleh satu unit mobil pemadam kebakaran Pelindo III. Tercatat 6 korban berhasil diselamatkan melalui jalur evakuasi tangga darurat dan melalui tali luncuran dari lantai 4.

Senior Manager Sistem Manajemen dan Manajemen Risiko PT Pelindo III, Iskandar Zulkarnain dalam siaran persnya, Rabu (5/10) mengatakan, pada simulasi itu, suara alarm berbunyi keras sehingga ratusan pegawai  PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri yang dikira telah terjadi kebakaran. “Ini hanya simulasi kebakaran saja,” ujarnya.

Iskandar menjelaskan, simulasi kebakaran pada perkantoran adalah kegiatan rutin setahun sekali untuk dilakukan, dan yang berbeda dari tahun lalu adalah simulasi ini tidak disosialisasikan kepada para pegawai, namun situasi hari ini dirahasiakan.

Dia menuturkan, pada kegiatan ini, para pegawai terlihat sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan simulasi.  Adapun skenario kegiatan simulasi tersebut, telah terjadinya kebakaran di lantai 4 kemudian tim penanggulangan tanggap darurat regu kebakaran gedung berusaha mengendalikan api dengan apar. karena api terus membesar maka alarm evakuasi di bunyikan, aliran listrik dipadamkan dan semua karyawan meninggalkan ruangan melalui jalur evakuasi menuju titik kumpul yang telah disediakan.

Skenario tersebut bukan tidak mungkin akan terjadi namun pihak managemen Pelindo III telah mempersiapkan segala upaya proteksi dan perlindungan bagi pegawai dan tamu.

Tujuan diadakannya simulasi evakuasi ini untuk memberikan pengalaman kepada para pegawai bagaimana sebaiknya bertindak saat terjadinya kebakaran. Pegawai  diberikan pemahaman dan pengalaman tentang jalur – jalur evakuasi dan tindakan yang perlu atau tidak perlu dilakukan saat terjadi kebakaran, memanfaatkan jalur – jalur evakuasi dan yang paling penting ialah memutuskan tindakan yang harus diambil dalam waktu yang singkat dengan aman demi keselamatan bersama.

Acara ditutup dengan review dan evaluasi kegiatan oleh Iskandar Zulkarnain dan dari Pengawas Dinas Tenaga Kerja Kota Surabaya bersama segenap tim dan peserta yang terlibat dalam kegiatan simulasi tersebut sebagai bahan acuan dan perbaikan bagi peningkatan kualitas penanganan kondisi tanggap darurat. (ris/kom_Jtm)

post-top-smn

Baca berita terkait