Sunday, 27 September 2020

Setda Bagian Hukum Gelar Penyuluhan Tentang Sadar Hukum di SMKN 1 Ngasem

post-top-smn
Ilustrasi

Ilustrasi

Kediri, SMN Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Setda Bagian Hukum mengadakan kegiatan Sosialisasi Sadar Hukum kepada seluruh pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Ngasem.

Kegiatan ini berlangsung pada Kamis (10/3) di aula sekolah. Turut hadir dalam sosialisasi ini Selain dari perwakilan Pemkab. Kediri dalam hal ini Tim dari Setda Bagian Hukum, acara ini juga dihadiri perwakilan dari Kejaksaan Ngasem Kab. Kediri, Polres Kediri serta Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kab. Kediri untuk memberi materi penyuluhan hukum kepada siswa siswi SMKN 1 Ngasem.

Kabag Hukum Sukadi melalui Sunan salah satu Tim Penyuluh dari Setda Bagian Hukum, mengatakan bahwa, “Tujuan digelarnya penyuluhan ini karena banyaknya kasus kenakalan remaja. Kegiatan seperti ini akan kita lakukan secara rutin di sekolah- sekolah lainnya dan sifatnya hanya pencegahan kenakalan remaja dikalangan pelajar, ” katanya. Ia juga menambahkan, materi penyuluhan yang diberikan diantaranya penjelasan UU No. 21 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dan UU No. 21 Tahun 2007 tentang Perdagangan Anak yang disampaikan oleh pihak Kejaksaan Ngasem.

Sedangkan untuk pemberian wawasan tentang penumbuhan budi pekerti yang luhur disampaikan langsung oleh perwakilan dari Disdikpora. Selain itu, pemahaman mengenai UU No. 22 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, serta penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang disampaikan oleh tim dari Polres Kediri (Satlantas dan Satreskoba).

Kepala SMKN 1 Ngasem Yuli dalam kegiatan ini mengaku senang dengan adanya kegiatan seperti ini. Menurut Yuli, “Dengan digelarnya penyuluhan sadar hukum dapat meminimalisir kenakalan dikalangan remaja. Selanjutnya kami juga berharap siswa-siswi SMKN 1 Ngasem bisa terhindar dari bahaya penyalahgunaan narkoba dan menaati semua peraturan hukum sejak dini,” tandas Yuli.

Sudah sepatutnya remaja, pelajar dan siswa diperkenalkan dan diberi pemahaman tentang pentingnya memiliki kesadaran pada hukum sejak dini. Mereka harus memahami dan menyadari betul akan hak dan kewajibannya dalam upaya untuk mendukung terciptanya kondisi di masyarakat yang tertib dan sadar hukum (Adv./Bag. Hukum/SMG)

post-top-smn

Baca berita terkait