Thursday, 22 October 2020

Segobang Ajukan Bantuan CSR Untuk Icon Desa

post-top-smn
Kepala Desa Segobang dan Foto Salah satu Titik Lokasi yang nantinya akan dibangun sebagai tempat Icon Desa Segobang.

Salah satu Titik Lokasi yang nantinya akan dibangun sebagai tempat Icon Desa Segobang.

Banyuwangi, SMN – Pekembangan yang ada di Desa Segobang dari tahun ketahun bisa dikatakan semakin pesat, seiring dengan perkembangan jumlah penduduk semakin mengalami peningkatan signifikan.

Hal tersebut disampaikan, Kepala Desa (Kades) Samsul Kholik, S.Aq ketika ditemui SMN berada diruang kerjanya. Menurutnya, sesuai informasi yang ada di Desa mengenai keberadaan Desa Segobang dimulai sekitar tahun 1918 silam.  Sebuah daerah yang memiliki dataran tinggi dan berbukit berjaran kuranglebih 16 km dari kota Banyuwangi.

Selain itu, diera perkembangan pembangunan di masa lalu masih banyak yang bersifat kegotong royongan. Seperti, membangun jembatan, jalan dan saluran irigasi seluruhnya dilakukan secara swadaya masyarakat.

Seiring dengan perkembangan masyarakat, sekitar tahun 1975 pembangunan jalan aspal baru dimulai dilakukan tepatnya berada di Desa Kluncing melalui Desa Banjar dan Desa Segobang sebelah barat. Begitupula, pembangunan dam saluran irigasi cindih bawah sepanjang kuranglebih 1.000 meter yang peruntukkannya mengaliri persawahan seluas kuranglebih 42 hektar.

“Dilihat dari urutan sebagai Kades Segobang, saya masuk pada urutan ke 29. Berawal dilantik pada tahun 2011 hingga sekarang ini. Alhamdulillah, ada beberapa program yang peruntukkannya bagi kepentingan masyarakat sudah terealisasi dan kini tinggal menunggu pembangunan lanjutan,” Katanya.

Sejumlah realisasi pembangunan di Desa Segobang sangat diapresiasi masyarakat. Sehingga, pelayanan kedepan tinggal meningkatkan lagi. Pembuatan dan pengerasan jalan tembus karangsari menuju banyu cindih sudah direalisasikan beberapa waktu lalu. Pembuatan jalan pertanian kedawung, pengerasan jalan srampon menuju ledok dan pipanisasi dusun srampon sudah direalisasi serta fasilitas listrik sudah masuk dusun Kayangan.

“Kedepan, perlu adanya dukungan semua pihak terutamanya peran serta masyarakat untuk mendukung semua program yang telah menjadi program desa. Sehingga, untuk menjadikan cita – cita masyarakat akan sejarah Segobang perlu adanya realisasi sebuah icon desa yang diwujudkan dalam bentuk sebuah patung sebagai simbol dan ciri khas Desa Segobang yang mempunyai makna akan potensi yang ada diwilayah Desa Segobang. Melalui pengajuan diharapkan sejumlah perbankan bisa memberikan CSR yang direalisasikan dalam sebuah bentuk pembangunan icon desa,” Ungkapnya.(Edhi Prasetyo)

post-top-smn

Baca berita terkait