Sunday, 24 January 2021

Sedekah Bumi Tahun 2017 Desa Bendungan Jati Kec. Pacet

post-top-smn

Exif_JPEG_420

Mojokerto, SMN – Dalam rangka memperingati sedekah bumi tahun 2017 desa bendungan jati kec. Pacet kab. Mojokerto yang dilaksanakan hari sabtu tanggal 06 mei 2017 berjalan meriah. Tepat pada pukul 2 siang arak arak-an bantengan berstart didepan kades bambang yugo mungkono menuju balai desa yang jaraknya kira kira setengah kilo meter disambut antosias warga desa tanpa lelah, acara dilanjutkan kehalaman sekolah SD yang lokasinya bersebelahan, juga ad acara tradisonal ” UJUNG” dengan peserta dari yang muda sampai yang tua. Seni bantengan SATRIA BUANA SAKTI desa bendungan jati pernah menjadi juara 2 dalam festival yang digelar dilapangan kedungmaling kec. Sooko dalam rangka menyambut Hari Jadi Kab. Mojokerto Ke- 724.

Dimalam harinya diteruskan hiburan seni wayang kulit SANGGAR BUDAYA CANDRA SISWA dengan dalang cilik putri IKE NUR KUMALASARI sdn banyulegi dawarblandong mojoketo yang dipimpin sriyono, s,sn. Wayang kulit SANGGAR BUDAYA CANDRA SISWA pernah jadi juara nasional festival DALANG BOCAH, juga dari pemukul/pengiring musik banyak yang masih sekolah dasar.

Sedekah bumi yang digelar juga dihadiri dari segenap perangkat kecamatan, jajaran kepolisian,koramil beserta tamu undangan lainya, tak luput pula juga hadir sesepuh desa mbah Giso yang umurnya sekitar 88 tahun. Dalam pagelaran wayang kulit dengan judul” ROMO SINTO” yang mengisahkan tentang cinta sejati sepasang sejoli jaman dulu. Sukses terus buat bapak kades Bambang yugo mungkono bersama perangkat desanya dalam memajukan desa bendungan jati dalam memperingati sedekah bumi dalam setiap tahunnya untuk mengenang para luluhur.

Upacara sedekah bumi merupakan sebuah ritual yang biasanya dilakukan oleh masyarakat jawa, sedekah bumi berarti menyedekahi bumi atau niat bersedekah untuk kesejahteraan bumi. Bersedekah adalah hal yang sangat dianjurkan, selain sebagai bentuk dari ucapan syukur atas segala nikmat yang telah diberikan Allah. Sedekah juga dapat menjauhkan diri dari sifat kikir dan dapat pula menjauhkan diri dari musibah.(ful)

post-top-smn

Baca berita terkait