Friday, 4 December 2020

Sebanyak 3.012 Peserta Terdaftar Sebagai Calon Taruna dan Bintara TNI AL

post-top-smn

peserta taruna

Surabaya, SMN – Di hari terakhir pendaftaran seleksi calon Taruna/Taruni dan Bintara TNI AL tahun 2017 yang dibuka sejak 1-27 April 2017 ini tercatat ribuan peserta telah mendaftar. Dari data Mako Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) sedikitnya 3.012 orang telah mendaftar di sekretariat pendaftaran di Gedung Serba Guna,  Lantamal V  Surabaya,  Kamis (27/4).

“TNI AL memberikan sempatan kepada putra-putri terbaik bangsa untuk dididik menjadi Taruna-Taruni Akademi Angkatan Laut dan Bintara Pria dan wanita. Lantamal V Surabaya memang menjadi salah satu tempat yang dijadikan sebagai tempat pendaftaran sejak tanggal 1 april dan ditutup 27 April ini,” kata ujar Asisten Personel Danlantamal V Kolonel Laut Tresna Kusumawati, Kamis (27/4).

Jumlah peserta yang terdaftar tersebut merupakan jumlah keseluruhan dari para pendaftar yang telah melakukan pendaftaran secara online dan melajukan daftar ulang di Lantamal V. “Sampai saat ini animo masyarakat masih cukup tinggi untuk direkrut menjadi taruna-taruni dan bintara pria maupun wanita TNI AL,” jelasnya.

Hal tersebut, lanjut dia, dapat dilihat dari kesibukan di meja panitia yang tengah melakukan verifikasi persyaratan para pendaftar. Dari 3.012 peserta, terdiri dari taruna sebanyak  392, taruni 23, calon bintara pria 2258 dan calon bintara wanita 339 orang.

Ketika ditanya tentang perbandingan pendaftar tahun ini dengan tahun kemarin, ia menjelaskan adanya sedikit perbedaan. “Jika kita lihat, tahun ini ada sedikit penurunan tapi tidak banyak, mungkin sekitar seratus sampai dua ratus pendaftar perbedaannya dan hari ini adalah hari terakhir pendaftaran dan akan di tutup pukul 16.00 WIB ini,” tuturnya.

Disinggung masalah kualitas para pendaftar, Tresna juga menjelaskan bahwa standar rekruitmen personel TNI AL sudah jelas dan panita mempunyai kreteria tersendiri yang sudah jadi ketetapan panitia pusat. “Yang jelas peserta seleksi harus sehat jasmani dan rohani, tinggi badan memenuhi standar, tubuhnya bersih alias tidak ada tato, telinga juga tidak tindik dan persyaratan lainnya,” ungkapnya.

Setelah pendaftaran ditutup, ia juga mengingatkan kepada seluruh peserta untuk tidak mudah percaya dengan oknum yang mengatasnamakan panitia atau juga mengatasnamakan siapa saja dengan janji bisa memasukkan atau meloloskan seleksi. “Apabila ada orang yang mengatakan demikian, segera laporkan ke panitia,  Pomal atau Sintel Lantamal V,” tegasnya.

“Jangan percaya, sekali lagi jangan percaya kepada orang tersebut. Sampai sat ini TNI Angkatan Laut tidak pernah memungut biaya sepeser pun untuk biaya rekruitmen personel, ingat ya, tidak dipungut biaya akias gratis, ” tegasnya.

Setelah ditutup nanti, panitia akan menjadwal tentang pelaksanaan dimulainya tes. “Karena jumlahnya banyak, maka akan dibagi menjadi beberapa gelombang,” tukasnya. (afr/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait