Tuesday, 1 December 2020

Safari Ramadhan Bupati dan Wakil Bupati Jombang, Sholat Taraweh, Dialog Dan Sahur Bareng Warga Tondo Wesi

post-top-smn
Bupati Jombang Nyono Suharli saat safari ramadhan di Masjid Baiturohman, Dsn. Tondowesi Ds. Pojok Klitih Kec. Plandaan, Jombang

Bupati Jombang Nyono Suharli saat safari ramadhan di Masjid
Baiturohman, Dsn. Tondowesi Ds. Pojok Klitih Kec. Plandaan, Jombang

 

Jombang, SMN – Bulan ramadhan ini betul betul dimanfaatkan dengan baik oleh Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko bersama Jajaran Pejabat Lingkup Pemkab Jombang untuk bersilaturahmi dengan masyarakat. Salah satunya adalah dengan kegiatan Safari Ramadhan atau Taraweh Keliling. Kali ini, Senin (13/6/16) Masjid yang dikunjungi adalah Masjid Baiturohman , Dusun Tondowesi Desa Pojok Klitih Kecamatan Plandaan. Tidak sendiri dalam Safari Ramadhan ini Bupati Jombang didampingi jajaran Forkopimda seperti Ketua DPRD Jombang, Kapolres Jombang, Dandim 0814/Jombang, Ketua PN, serta sejumlah Pejabat Jombang.

Kegiatan safari ramadhan ini tidak seperti biasanya, karena usai melaksanakan sholat taraweh Bupati dan Jajaran Pejabat Jombang tidak lantas pulang. Melainkan tinggal di masjid bersama dengan warga setempat untuk melakukan dialog yang tujuannya adalah menjaring aspirasi serta keinginan warga setempat. Selain itu disela acara Bupati Nyono Suharli juga menyerahkan santunan secara simbolis kepada anak yatim dan janda miskin serta beasiswa. Dan kegiatan malam itu diakhiri dengan sahur bersama.

Dusun Tondowesi,Desa Pojok Klitih Kecamatan Plandaan adalah salah satu desa terpencil yang berada di sebelah barat Kabupaten Jombang. Desa ini berbatasan langsung dengan wilayah Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk. Sehingga masyarakat setempat mengaku senang dengan kehadiran Bupati dan Jajarannya tersebut. Sehingga pertemuan dengan orang nomor satu di Kabupaten Jombang tersebut benar benar dimanfaatkan warga setempat untuk menyampaikan aspirasinya.

Usai sholat taraweh, sambil menunggu saat sahur tiba dialog ringan antara Bupati Nyono yang didampingi Ketua DPRD Jombang H.Joko Triono serta para Pejabat Jombang dengan Warga setempat pun mengalir. Tak jarang dalam dialog tersebut diselingi dengan candaan. Tidak ada sekat antara Bupati,Pejabat dan warga setempat karena mereka duduk beralaskan tikar bersama sama. Sejumlah tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Anggota Remaja Masjid maupun jamaah masjid ikut dalam dialog yang digelar diserambi masjid tersebut. Dialog semakin gayeng dengan adanya hidangan sederhana “polo pendem” seperti ketela goreng, pisang goreng maupun kacang rebus. Dengan dilengkapi secangkir teh hangat dan kopi  panas.

Dari dialog dengan warga, ada sejumlah aspirasi dan keinginan warga yang langsung  disampaikan ke Bupati Nyono misalnya pembangunan infrastruktur jalan maupun keinginan agar jembatan di dusun Nampu segera dibangun agar memudahkan warga yang berangkat sekolah maupun bekerja tidak melintasi sungai setempat.

Mendapati keinginan warga ini,Bupati Nyono Suharli langsung berjanji bahwa pada tahun ini (2016) keinginan warga tersebut akan direalisasikan. Bahkan Bupati Nyono menegaskann untuk tahun 2016 ini Pemkab Jombang akan menggelontorkan anggaran sebesar 12,6 Miliar untuk infrastruktur jalan dan penerangan jalan di Kecamatan Plandaan.

“Sehingga untuk  infrastruktur jalan di Kecamatan Plandaan akan tuntas di tahun ini, sedangkan untuk jembatan di Dusun Nampu kami berusaha agar melalui PAK tahun ini jembatan tersebut akan dibangun,”tegas Bupati Nyono yang langsung disambut tepuk tangan warga.

Bupati Nyono Suharli pada kesempatan itu mengaku bangga dan senang bisa bertemu langsung dengan warga apalagi dalam bentuk makan sahur bersama seperti yang dilakukan kali ini. Menurut Bupati Nyono kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian safari ramadhan yang di gagas pemkab Jombang  untuk menambah keakraban antar pejabat dan masyarakatnya.

Bupati Nyono Suharli saat memberikan santunan

Bupati Nyono Suharli saat
memberikan santunan

“Safari ramadhan dengan makan sahur bersama warga pun perlu dilakukan untuk menjalin silaturahmi sehingga timbul kedekatan dengan masyarakat,sekaligus kita akan mengetahui apa yang selama ini di inginkan warga, “ tambah Bupati Nyono. Selain itu Bupati Nyono juga mengajak kepada  warga setempat untuk terus meningkatkan ibadah, dengan semangat kegotong royongan untuk kemajuan Kabupaten Jombang.

Wabup Mundjidah Wahab Dan Ketua TP PKK Kabupaten Jombang Tarawih di Bandarkedungmulyo

Sementara itu Tim kedua untuk kegiatan safari ramadhan ini dipimpin oleh Wakil Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab bersama Ketua TP PKK Kabupaten Jombang. Rombongan yang diikuti oleh Kepala BPPKB, Laili Agustin, Kabag Perekonomian Yulin Oentarti, istri Ketua DPRD, istri Ketua Pengadilan Negeri, Pengurus TP PKK Kabupaten Jombang dan GOW ini melaksanakan sholat taraweh di Masjid At Taqwa Desa Gondang manis Kecamatan bandarkedungmulyo.

Wakil Bupati Jombang dalam sambutannya mengajak masyarakat Bandarkedungmulyo untuk membangun generasi yang berkarakter, beriman dan bertaqwa. disampaikan pula program-program pembangunan, utamanya infratrusktur jalan  yang ada di depan masjid At Taqwa pada 2017. Dalam kesempatan tersebut diserahkan pula secara simbolis santunan kepada 50 kaum duafa, 50 anak yatim dan beasiswa bagi anak tidak mampu.(hms/adv/met)

post-top-smn

Baca berita terkait