Sunday, 24 January 2021

Ruwatan Dusun Jatisumber Desa Wates Umpak “Gelar Adat Mojopahitan”

post-top-smn
Ruwatan Gelar Adat Mojopahitan

Ruwatan Gelar Adat Mojopahitan

Mojokerto, SMN – Hingga saat ini masyarakat berbagai Desa diwilayah Kab. Mojokerto mengadakan agenda tahun-nan , untuk memperingati/menjalankan tradisi peninggalan nenek moyangnya yang telah berjalan sejak ratusan tahun yang lalu. Tradisi yang dimaksud adalah berupa upacara ruwatan dusun/sedekah bumi, yaitu ritual manifestasi rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala yang telah diperoleh dari hasil bumi.

Ruwatan berasal dari kata ruwat atau menyedekahi, yang artinya memelihara atau mengumpulkan. Makna dari mengumpulkan adalah mengajak masyarakat seluruh kampung berkut hasil buminya untuk dikumpulkan, baik yang masih mentah maupun yang sudah jadi atau dalam taraf pengelolahan. Sebagai tindakan tolak bala dan penghormatan terhadap para leluhurnya.

Didusun jatisumber Desa Wates umpak ruwatan dusun/sedekah bumi yang digelat hari sabtu tanggal 13 mei 2017 yang dibuka langsung oleh bapak Kades Moh. Yusuf,SH, juga ada dari anggota Dewan Kab. Mojokerto bapak H. Subandi yang memberi sambutan kepada warga dalam memperingati ruwatan dusun jatisumber. Berbagai ragam telah ditampilkan, dibarisan depan dumulai dengan pakaian adat hitam hitam menyimbulkan pasukan mojopahit ,sambil membawa bendera simbul kerajaan mojopahitan. Dibarisan berikutnya banyak warga yang membawa hasil bumi sejenis sayuran seperti timun, kacang lanjaran dan hasil bumi lainnya. Ada juga yang membawa jajan pasar, yang lebih unik lagi nasi tumpeng banyak yang dipikul memakai tandu, disisi lain ada yang memakai pakaian adat Ratu melambangkan kerajaan dari berbagai bentuk. Ruwatan dusun ini tidak hanya diikuti oleh yang sudah tua tapi dari anak yang masih sekolah dasar pun ikut merayakan. Acara yang dimulai dari jam 9 pagi stand berawal dari RT selatan jalan raya munuju finis punden RT utara jalan raya. Arak – arakan yang berjalan kira kira berjarak 2 km wargapun tanpa kenal lelah sambil berjoget dengan iringan musik patrol yang sekarang mulai tenar didesa – desa. Untuk malam harinya dihibur dengan sajian wayang kulit sebagai penutup acara.

Didusun jatisumber Desa Wates umpak Kec. Triwulan Kab. Mojokerto sudah terkenal dengan aktifitas warga sehari-hari dalam pembuatan patung yang berasal dari batu. Sukses terus buat Bapak Kades Moh. Yusuf, SH, juga kepala dusun bapak wawan yang telah menggelar ruwatan dusun/sedekah bumi untuk mengenang para leluhurnya. Semoga amal ibadah warga dusun jatisumber diterima Allah SWT. Ruwatan dusun/sedekah bumi juga dapat menjauhkan diri dari kikir dan dapat pula menjauhkan diri dari musibah. (ful)

 

post-top-smn

Baca berita terkait