Sunday, 25 October 2020

PU Bina Marga Jatim Terus Tingkatkan Standar Jalan Milik Provinsi

post-top-smn
Ilustrasi - perbaikan jalan

Ilustrasi – perbaikan jalan

Surabaya, SMN – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jawa Timur akan terus melakukan perbaikan dan meningkatkan jalan milik provinsi yang tidak memenuhi standar menjadi sesuai standar aturan yang berlaku secara bertahap. Pasalnya, kerusakan jalan ternyata tidak hanya disebabkan faktor hujan, tapi juga kekuatan jalan, bahkan di Jatim masih terdapat 719 km jalan provinsi belum memenuhi standar aturan.

Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim, Gatot Sulistyo Hadi ditemui di kantornya, Selasa (7/2) siang menyampaikan, Pemprov Jatim terus berupaya melakukan perbaikan kontruksi jalan, agar kekuatan seluruh jalan provinsi memenuhi standar aturan sesuai UU 38 tahun 2004 dan PP 34 tahun 2006 tentang Jalan, tapi untuk mewujudkan itu semua membutuhkan proses, dikarenakan faktor anggaran, apalagi tahun ini APBD Jatim sedang tidak stabil.

Total Jalan provinsi Jatim yaitu sepanjang 1,421 km, dan jalan provinsi yang kontruksinya sudah memenuhi standar aturan dengan lebar jalan 7 meter sepanjang 702 km, sedangkan yang belum memenuhi standar sepanjang 719 km, tahun ini untuk perbaikan kontruksi jalan dianggarkan Rp 376 miliar, anggaran tersebut untuk rekonstruksi jalan sepanjang 75,2 km sebanyak 27 ruas.

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat ini pihaknya juga telah meminta seluruh Unit Pelaksanan Teknis (UPT) di Jatim untuk mendata genangan air yang ada di jalan provinsi guna mengetahui kemiringan jalan. Untuk jalan yang mengalami genangan parah, maka Pemprov akan membuatkan sub drain atau sistem untuk mengalirkan air ke selokan yang dibangun di bahu jalan, tujuannya agar tidak ada genangan air yang dampaknya bisa merusak jalan.

Sementara itu, anggota Komisi D DPRD Jatim, Achmad Heri berharap Pemprov Jatim segera menuntaskan PR besar jalan provinsi yang belum memenuhi standar. Komisi D akan berusaha mengawal dalam proses penganggaran karena ini menyangkut kepentingan masyarakat umum.

“Jalan menyangkut keselamatan para penguna jalan, Jika seluruh jalan provinsi sudah memenuhi standar artinya keselamatan penguna jalan pun meningkat. Pemprov harus berupaya menuntaskan PR besar ini,” imbuhnya. (pca/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait