Wednesday, 2 December 2020

Prioritas Dana Desa untuk Pembangunan Infrastruktur

post-top-smn

Kepala Desa Bendosari, Talkah

Kepala Desa Bendosari, Talkah

Blitar, SMN – Pemerintah Desa Bendosari memang sedang berfokus pada pelaksanaan pembangunan sarana prasarana fasilitas dan pembangunan fisik yang diperlukan, karena dana desa masih berjalan 3 tahun ini dan dimungkinkan sampai 2 tahun kedepan dana desa masih akan dimaksimalkan untuk pembangunan fisik karena desa sudah merencanakan pembangunan sarana fisik dalam kurun waktu 5 tahun dilihat dari APBdes. Namun apabila pembangunan fisik desa sudah selesai maka dana desa akan ditujukan untuk pemberdayaan masyarakat.

Dana Desa tahun 2017 di desa Bendosari digunakan untuk memperbaiki jalan aspal sebanyak 4 titik serta pavingisasi sepanjang 500 M dan untuk ADD akan di pergunakan untuk kesejahteraan masyarakat, selain itu untuk acuan adalah APBdes untuk pelaksanaanya dan di harapkan agar berguna untuk masyarakat Desa Bendosari Kecamatan Sanankulon.

Talkah selaku Kepala Desa Bendosari Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar menyampaikan untuk Pengelolaan Dana Desa sementara hanya untuk pembangunan infrastruktur dan pelayanan dasar bukan untuk yang lainnya, Penggunaan Dana Desa untuk kegiatan yang lain setelah sarana prasarana masyarakat desa terpenuhi. Selain itu, pelaksanaan dana desa juga harus secara swakelola, padat karya, dan menggunakan bahan baku lokal sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat desa setempat. Oleh karenanya, desa harus bisa membuat perencanaan sendiri untuk dilaksanakan sendiri dan diawasi oleh masyarakat desa itu sendiri.

Dijelaskannya, pembangunan infrastruktur paling banyak digunakan untuk pembangunan jalan, jembatan dan saluran irigasi di desa. Sedangkan untuk pemberdayaan memang hanya sedikit, karena kegiatan pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan, seminar dan kegiatan lainnya tidak membutuhkan banyak dana atau anggaran.

Semoga warga masyarakat Desa Bendosari sudah merasakan pembangunan sejumlah infrastruktur desa seperti jalan desa, sarana air bersih, dan sekolah sudah mudah diakses masyarakat, dari dana desa. Sebab dengan infrastruktur memadai, maka aktivitas ekonomi dan produksi masyarakat akan semakin lancar.(mam/adv)

post-top-smn

Baca berita terkait