Friday, 30 October 2020

POR SD/MI 2017, Ajang Cari Bibit Atlet Potensial

post-top-smn
Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Dispora Prov Jatim, Dudi Harjantoro

Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Dispora Prov Jatim, Dudi Harjantoro

Surabaya, SMN – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Prov Jatim saat ini fokus mempersiapkan kegiatan Pekan Olahraga (Por) tingkat Sekolah Dasar (SD)/MI 2017, yang rencananya diselenggarakan di Lumajang pada November 2017 mendatang.

Even kegiatan olahraga dua tahunan ini diharapkan untuk mencari bibit atlet yang potensial di usia dini.

Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Dispora Prov Jatim, Dudi Harjantoro, di Surabaya, Rabu (8/2) mengatakan, POR SD/MI ini diikuti seluruh 38 kabupaten/kota se-Jatim yang diperkirakan mencapai 5000 orang.

“Saya kira SD/MI itu bibit awal di usia dini sehingga pekan olahraga ini merupakan cikal bakal pembibitan olahraga. Kalau itu tidak diperhatikan, di situ bibit potensi itu akan hilang, bibit ditemukan di usia dini,” ujarnya.

Dia menjelaskan, murid SD dan MI merupakan dasar untuk dijadikan pembibitan atlet olah raga yang berbakat dan potensial. “Makanya itu diadakan pekan olahraga SD/MI pada bulan November. Setelah POR SD/MI akan ada Popda (Pekan Olahraga Pelajar) dari tingkat SMP,SMA dan sederajat,” terangnya.

Dia menuturkan, daerah yang dominan mencetak bibit atlet yang potensial cenderung didominasi dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Malang. “Namun tidak menutup kemungkinan ada daerah-daerah lainnya di Jatim memiliki bibit atlet yang cukup bagus. Tapi itu semuanya akan kita pantau pada POR di Lumajang,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, hingga saat ini, dari hasil laporan pihak tuan rumah penyelengaraan, semua dinyatakan siap. Artinya tidak ada hambatan, baik dari kesiapan veneu maupun kebutuhan para atlet. “Tuan rumah di Lumajang sudah kita koordinasi,  semua sudah siap lah,” terangnya.(ris/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait