Thursday, 22 October 2020

Polda Jatim Bangun Masjid Seluas 1.200 Meter Persegi

post-top-smn
Pemotongan tumpeng oleh Gubernur Jatim, Soekarwo dan diserahkan pada takmir masjid Mapolda Jatim

Pemotongan tumpeng oleh Gubernur Jatim, Soekarwo dan diserahkan pada takmir masjid Mapolda Jatim

Surabaya, SMN – Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) tahun ini mulai membangun Masjid Nuru Huda seluas 1.200 meter persegi. Pembangunan dilakukan karena kapasitas masjid yang ada sebelumnya kini tak lagi cukup menampung anggota yang melaksanakan ibadah, khususnya saat Sholat Jumat.

“Sejak 6 Januari lalu awal tugas di Polda Jatim, saya cukup prihatin saat Jumatan banyak anggota yang sholat hingga di jalan raya. Untuk itu saya berinisiatif membangun masjid yang lebih besar lagi,” kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin saat peletakan batu pertama masjid, Rabu (8/2).

Pembangunan masjid ini dimulai awal Februari dan ditarget selesai hingga enam bulan ke depan. “Mungkin sekarang masih berantakan. Tapi enam bulan lagi masjid sudah selesai dibangun dan diperkirakan bisa menampung jamaah hingga 1.500 orang,” ujarnya.

Machfud meyakini pembangunan masjid bisa diselesaikan segera dengan. “Kami dari seluruh jajaran Polda Jatim akan gotong royong bangun masjid. Untuk membangun ini gampang tapi yang sulit itu bagaimana bisa memakmurkan masjid,” jelasnya.

Masjid yang dibangun di lahan Mapolda Jatim bagian depan tersebut akan dilengkapi dengan basement atau bangunan bawah tanah untuk parkir kendaraan mobil. Selain bangunan utama masjid yang dikonsep megah tersebut juga akan dilengkapi dua menara.

“Kami hanya minta doa restunya saja dari Pak Gubernur, Ketua MUI Jatim, dan para kyai agar pembangunan masjid ini bisa berjalan cepat dan lancar. Kami tidak meminta bantuan semen, karena dibantu doa saja sudah cukup,” ucapnya.

Prosesi awal pembangunan dilakukan pemotongan tumpeng oleh Gubernur Jatim, Soekarwo dan diserahkan pada takmir masjid Mapolda Jatim. Selanjutnya, gubernur didampingi Kapolda Jatim , Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI, I Made Sukadana, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia Jatim, KH Abdussomad Bukhori melakukan peletakan batu pertama.

Kegiatan yang berlangsung siang hari tersebut diiringi rintik hujan gerimis.

“Subhanallah. Semoga hujan membawa berkah untuk masjid yang akan dibangun ini,” ungkap Soekarwo secara spontan usai peletakan batu pertama. (afr/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait