Tuesday, 20 October 2020

Pokmas Bangsring Ajukan Bantuan Sumur Bor

post-top-smn
Keterangan : Foto Perwakilan warga menujukkan beberapa titik lokasi yang rencananya akan dibangun sumur bor untuk mengaliri lahan pertanian dan kebun warga.

Perwakilan warga menujukkan beberapa titik lokasi yang rencananya akan dibangun sumur bor untuk mengaliri lahan pertanian dan kebun warga.

Banyuwangi, SMN – Kelompok masyarakat “Pokmas” yang berlokasi di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi kini mengajukan permohonan bantuan realisasi adanya pembangunan air bersih dan sumur bor yang berada di 3 (tiga) titik lokasi yang peruntukkannya bagi kepentingan masyarakat dan perairan bagi lahan pertanian.

Seperti yang telah diungkapkan perwakilan warga Bangsring, Sulhan ketika ditemui SMN mengatakan, selama ini masyarakat yang bertani dan berkebun tepatnya berada di sebelah barat kantor Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo mengalami kesulitan air khususnya untuk mengaliri lahannya.

Mayoritas, petani dalam bercocok tanam mengandalkan air disaat musim penghujan. Sehingga, ketika memasuki musim kemarau rata – rata warga masyarakat yang memiliki lahan enggan untuk bertani.

“Wilayah bangsring ini bisa dikatakan tandus, sehingga tanaman yang ditanam rata – rata berupa tanaman cabe, jagung dan sejenisnya. Untuk diolah sebagai lahan persawahan sangatlah sulit karena masih mengantungkan pada musim penghujan,” Terangnya.

Selain itu, untuk mencarikan solusi agar hasil perekonomian warga masyarakat bisa meningkat dengan melakukan sebuah terobosan membuat sebuah proposal yang orientasinya pada pembangunan sumur bor yang rencananya ditempatkan pada di 3 (tiga) titik lokasi.

Harapannya, lahan yang sedikitnya kuranglebih 10 – 15 hektare yang dikelola warga masyarakat tidak lagi kekurangan akan kebutuhan air.

“Proposal pada tahun 2016 lalu sudah diajukan pada Bupati dan Instansi terkait serta DPRD Kabupaten Banyuwangi. Semoga pada tahun ini pengajuan bantuan akan sumur bor bisa terealisasi secara maksimal, sehingga kesejahteraan masyarakat bisa meningkat,” Jelasnya.(dhi)

post-top-smn

Baca berita terkait