Friday, 23 October 2020

PMI : Kesadaran Masyarakat Untuk Donor Darah Meningkat

post-top-smn

pmi surabaya Surabaya, SMN – Kepala Humas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya, Agung Tri Jutanto menyatakan kesadaran masyarakat di Jawa Timur khususnya di Surabaya untuk mendonorkan darahnya meningkat. Hal tersebut seiring dengan semakin pahamnya masyarakat mengenai manfaat donor darah bagi kesehatan.

“Umumnya setiap tahun selalu terjadi peningkatan. Meski meningkat kita tidak pernah lelah melakukan sosialisasi pada masyarakat akan pentingnya donor darah,” tutur Agung saat diwawancarai media di kantornya Jalan Embong Ploso Nomor 7-15, Selasa, (7/2).

Ia merinci setiap tahun kenaikan jumlah pendonor darah kisaran 2 persen hingga 5 persen. Misalnya pada tahun 2015 jumlah pendonor mencapai angka 149.000 orang, sementara pada 2016 naik menjadi 152.000. Tahun ini, pihaknya berharap ada kenaikan jumlah pendonor hingga 10 persen

Selama ini, tambah Agung, PMI Surabaya tidak hanya melakukan sosialisasi hingga ke kecamatan namun juga memanfaatkan media Televisi, media online, Facebook, Twitter dan berbagai media sosial lainnya. Menurutnya, hal itu perlu dilakukan untuk mendorong kalangan anak muda lebih sadar dan peduli pada kepentingan masyarakat luas.

Manfaat donor darah bagi kesehatan, kata Agung, yakni dapat mengurangi risiko hemochromatosis atau gangguan genetik yang menyebabkan tubuh menyerap terlalu banyak zat besi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Donor darah yang dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat badan, selain itu juga dapat membantu menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

“Setelah mendonorkan darah, tubuh akan bekerja untuk mengisi kembali kehilangan darah. Hal ini justru baik, karena akan merangsang produksi sel-sel darah baru dan pada gilirannya membantu dalam menjaga kesehatan yang baik,” tukasnya. (luk/kom)

post-top-smn

Baca berita terkait