Friday, 23 October 2020

PKL Alun-Alun Akan Direlokasi

post-top-smn
Bupati Ngawi akan segera relokasi  PKL di jalan serong alun-alun

Bupati Ngawi akan segera relokasi PKL di jalan serong alun-alun

Ngawi, SMN – Upaya membenahi wajah Kota Ngawi terus dilakukan. Bupati Ngawi, Ir, Budi Sulistyono atau akrab disapa Kanang, membeberkan tekadnya untuk mempercantik Kota Ngawi agar layak menjadi kawasan yang indah dipandang dan menarik untuk dikunjungi. “Kita optimis dengan kebersamaan dan kekompakan masyarakat selama ini, upaya ini akan bisa berhasil,” ungkap Kanang saat sarasehan bersama wartawan-wartawan Ngawi.

Salah satu yang akan dibenahi di Ngawi adalah menjadikan alun-alun sebagai kawasan terbuka hijau yang resik dan indah. Problema yang menghadang selama ini adalah keberadaan para pedagang alun-alun yang sudah ada sejak puluhan tahun lampau. Bahkan setelah berbagai pembangunan yang dilakukan di kawasan alun-alun, keberadaan PKL ini pun tetap ada dan Pemkab bertekad untuk tidak menggusur mereka. “Kita nanti juga tidak menggusur, namun hanya memindahkan. PKL di jalan serong arah kanan alun-alun itu akan kita pindahkan,” ungkapnya.

Bupati yang kini menjalani masa kedua periode kepemimpinannya ini mengaku, pihaknya sudah mengantisipasi hal ini dengan melakukan pengadaan tanah guna menampung PKL.Lokasinya masih di sekitar alun-alun, tepatnya di sisi barat alun-alun, di utara Masjid Agung Baiturrahman. “Kita harapkan ini menjadi solusi bersama, PKL mendapatkan tempat yang lebih baik, bersih dan strategis, Pemkab dan masyarakat juga mendapatkan alun-alun yang bersiih dan indah,” ujarnya.

Rencana relokasi para PKL ini juga diharapkan mengurangi kekumuhan yang sering terlihat di kawasan jalan serong sisi timur alun-alun. Para pedagang juga akan berdagang dengan watu yang wajar dan tidak boleh menginap. “Mulai tahun ini akan kita tata karena lahannya di utara Masjid Agung itu sudah berhasil didapatkan oleh Pemkab,” kata Kanang.

Jalan serong di sisi timur alun-alun sendiri, beberapa tahun lalu mengalami pembenahan namun masih mempertahankan keberadaan PKL. Rencana relokasi ini sendiri masih belum mendapatkan tanggapan dari para pedagang di arah jalan serong alun-alun. Rata-rata dari mereka mengaku belum mengetahui rencana tersebut dan belum mau memikirkannya. (ari)

post-top-smn

Baca berita terkait