Wednesday, 21 October 2020

Pesona Bahari, Optimalkan Pelestarian Terumbu Karang

post-top-smn
Ketua Perkumpulan (Pokmas Was) Pesona Bahari, Abdul Aziz

Ketua Perkumpulan (Pokmas Was) Pesona Bahari, Abdul Aziz

Banyuwangi, SMN – Untuk lebih mengembangkan pelestarian lingkungan dan populasi ekosistem yang ada diperairan dalam laut Bangsring, Selat Bali tepatnya yang berlokasi disebelah utara Watudodol Kecamatan Wongsorejo, kini perkumpulan masyarakat nelayan yang tergabung dalam Kelompok Masyarakat (Pokmas) Pesona Bahari kedepan akan lebih memprioritaskan mengembangbiakan terumbu karang disepanjang periran laut bangsring.

Hal tersebut diungkapkan, Ketua Kelompok Pesona Bahari, Abdul Azis ketika ditemui SMN mengatakan, ia bersama – sama anggota secara bertahap terus melakukan terobosan dan inovasi terkait penataan yang ada diareal wisata utara Grand Watudodol.

Menurutnya, pengoptimalan terumbu karang sudah dilakukan bersama – sama anggotanya ada sebanyak puluhan jenis beberapa waktu lalu ditanam disepanjang perairan bangsring. Selain itu, persiapan dalam membangun rumpon sebagai tempat berkembangbiaknya terumbu karang akan direalisasikan dalam sepekan ini. Untuk lebih memberikan nuansa dan suasana pemandangan panorama baru telah membuka lahan baru yang mana sebelumnya tempat itu menjadi endemis malaria sudah disulap dan dirubah menjadi sebuah tempat yang asri.

Terumbu Karang yang berkembangbiak di periaran laut Bangsring.

Terumbu Karang yang berkembangbiak di periaran laut Bangsring.

“Bersama warga masyarakat setempat dan didukung Kepala Desa (Kades) dan Camat kita sudah mulai melakukan kerja bakti membersihkan lahan seluas kira – kira 100 x 40 m2 yang rencananya akan dijadikan sebagai tempat hiburan anak2 dan disepanjang jalan akan ditanami pohon jenis cemara udang. Sedangkan, keberadaan sungai yang ada disekitar lahan itu nantinya akan dirubah menjadi sebuah tempat untuk budidaya ikan jenis air payau. Begitupula, akan kita persiapkan warung saji khusus menu ikan bakar,” Ungkapnya.

Disisilain, segala upaya perjuangan untuk mejadikan Bangsring sebagai sebuah tempat wilayah areal pelestarian ekosistem sangat dibutuhkan dukungan semua pihak. Hal ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat dan Instansi Pemerintah mulai ditingkat Desa, Kabupaten hingga Pemerintahan yang ada di Pusat. Begitupula dengan peran serta media juga sangat membantu untuk mewujudkan icon Bangsring sebagai tempat wisata pendukung PAD. Sehingga, program kedepan sinkron dengan misi dan visi Kepariwisataan yang ada di Kabupaten Banyuwangi.(Edhi)

post-top-smn

Baca berita terkait