Sunday, 27 September 2020

Perlunya Pemantapan dan Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila

post-top-smn
Wabup Fadhilah saat memimpin upacara

Wabup Fadhilah saat memimpin upacara

Sampang, SMN – Wakil Bupati Sampang, H. Fadhilah Budiono menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sampang, bertempat di Halaman Kantor Bupati Sampang, pada hari Senin (1/10/2016).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Sampang, H. Imam Ubaidillah membacakan ikrar dihadapan seluruh peserta upacara, yang meneguhkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan, demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Hari Kesaktian Pancasila yang telah diperingati sejak Tahun 1967, upacara diikuti oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Sampang, Dandim 0828 Sampang Letkol Inf. Indrama Bodi, Kapolres Sampang AKBP Tofik Sukendar, SIK, Kepala Dinas/ Instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sampang dan undangan lainnya berjalan dengan penuh semangat dan hikmat.

Adapun Tema Hari Kesaktian Pancasila 2016 “Kerja Nyata Untuk Kemajuan Bangsa Sebagai Wujud Pengamalan Pancasila” diakhir upacara, Wabup Fadhilah yang di konfirmasi awak media, terhadap wujud nyata Hari Kesktian Pancasila saat ini, beliau mengaku banyak kemunduran dalam mengamali butir-butir Pancassila P4, khususnya para pelajar dan pemuda bangsa saat ini, yaitu Pedoman, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, jelas Fadhilah.

Untuk itu, baiknya, pemerintah pusat segera kembalikan penerapan P4 seperti jaman dulu, antaranya penerapan di dunia pendidikan, sehingga Pedoman, Penghayatan dan Pengamalan Pancasila tetap di rasakan diberbagai elemen masyarakat. 1. Ketuhanan Yang Maha Esa 2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab 3. Persatuan Indonesia 4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan 5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, ucap Fadhilah.

Kembali di ucapkan Fadhilah, tentunya diharapkan jiwa nasionalis meneguhkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan, demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tetap terjaga, tutur Fadhilah. (why)

post-top-smn

Baca berita terkait