Saturday, 31 October 2020

Perairan Muara Watudodol Sering Menelan Korban

post-top-smn
Aktifis dan juga seorang wirausahawan muda menunjukkan lokasi rawannya perairan laut watudodol Banyuwangi. Foto dilihat dari atas bawah pantung gandrung Banyuwangi.

Aktifis dan juga seorang wirausahawan muda menunjukkan lokasi rawannya perairan laut watudodol Banyuwangi.

Banyuwangi, SMN – Perairan laut selat Bali tepatnya yang berada di muara pantai watudodol dinilai rawan untuk dibuat mandi berenang disepanjang pantainya, karena arus laut yang ada disekitar muara sangat kuat. Hal itu dibuktikan beberapa waktu lalu ada sebuah kapal nelayan terguling disaat mengitari dan melawan arus yang berada di muara watudodol.

Begitupula, diakui oleh pemilik warung yang berada di bawah Patung Gandrung Watudodol, Yudi saat ditemui mengatakan, sepanjang pantai perairan watudodol dihimbau agar supaya tidak ada pengunjung yang berenang ataupun mandi dipinggiran pantai. Selain rawan akan munculnya arus bawah yang sangat kuat, hal itu bisa menyeret siapapun yang mandi ketengah.

“Sudah seringkali menelan korban jiwa.  Ada juga kapal milik nelayan yang mengangkut pengunjung yang hendak berputar terguling dan  mengakibatkan kapal perahu itu terbalik. Untungnya tidak ada korban jiwa dan masih bisa tertolong,” Katanya.

Kondisi perairan muara watudodol bisa dikatakan sebuah tempat bertemunya arus antara utara selatan sehingga bisa menimbulkan pusaran bawah laut. Mengenai kondisi perairan laut watudodol masuk kategori bersih dari pencemaran limbah sampah, karena disaat disana bisa dilihat air yang bening hijau kebiruan dan sering dikunjungi oleh pemancing disaat sore hari hingga dinihari. Tak jarang, mereka juga mendapatkan ikan beragam jenis mulai dari ikan malelang, ikan cumi dan sejenisnya yang secara kebetulan musim ikan jenis itu.

Yudi yang berprofesi sebagai seorang wirausahawan dan pemerhati lingkungan mengaku prihatin bilamana seputar lokasi perairan watudodol tidak tertata maksimal. Karena ditempat ini sudah bertahun – tahun dijadikan sebuah tempat jujugan muda mudi dan pengunjung dari luar daerah untuk menikmati panorama alam laut sebatas untuk berselfi foto bersama.

“Hal ini dibutuhkan dukungan semua pihak, terutamanya Pemerintah Kabupaten untuk turut melakukan penataan karena Watudodol merupakan sebuah sejarah dan Icon di Kabupaten Banyuwangi.(Edhi)

post-top-smn

Baca berita terkait