Monday, 26 October 2020

Penemuan Situs di Desa Kumitir Kec. Jatirejo Kab. Mojokerto, “Penuh Rahasia”

post-top-smn

FB_IMG_14916392394489439

Mojokerto, SMN – kebudayaan atau tradisi yang terdapat di Mojokerto utamanya didaerah trowulan mulai dibangkitkan lagi. Supaya tradisi kerajaan mojopahit bisa di ingat sejarahnya. Contoh telah di bangun rumah dan pagar beraromakan budaya mojopahit. Untuk itu dinas pemkab Mojokerto telah menurunkan anggaran dalam perwujudan rmh tradisonal yang melalui dinas ciptakarya maupun dinas pariwisata.

Didesa kumitir kec. Jatirejo kab. Mojokerto telah ditemukan situs tapi penuh rahasia. Dengan adanya dugaan dugaan batu situs diperjual belikan. Kami dari tim investigasi telah menemukan kejanggalan dengan adanya penemuan situs didesa kumitir yang seharusnya ada pemberitahuan kepada pihak terkait supaya budaya mojopahitan ini bisa timbul dan bisa jadi obyek wisata di mancanegara.

Dengan ini kami memohon pihak terkait menindak lokasi penemuan situs di Desa Kumitir Kec. Jatirejo Kab. Mojokerto yang kelihatanya dirahasiakan dan perjual belikan dengan bukti batu bata situs diangkut truk. Kebuyaan yang sebenarnya harus dijaga tapi malah dimusnahkan. Untuk itu dinas terkait segera menindak lanjuti dan menberi sanksi kepada pelaku pemusnahan situs di Desa Kumitir.

Karena dengan ditemukannya situs salah satu bukti bahwa itu peninggalan para leluhur kita dan harus dijaga dan dilestarikan titik. Bukan malah dirusak dan diambil sebagian dari peninggalan tersebut. Oleh karena itu penemuan situs yang berada di Desa Kumitir Kec. Jatirejo Kab. Mojokerto tetap terjaga dan diabadikan. Dan orang orang yang tidak bertanggung jawab dengan mengambil keuntungan sendiri dikasih efek jera dan nantinya tradisi peninggalan leluhur semuanya bisa ikut serta menjaganya.(ful)

post-top-smn

Baca berita terkait