Wednesday, 23 September 2020

Pemkab Tulungagung Gratiskan Biaya Pendaftaran SD-SMP

post-top-smn
Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo

Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo

Tulungagung, SMN – Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo SE membuat kebijakan luar biasa dalam pendidikan. Untuk tahun pelajaran mendatang menggratiskan biaya pendaftaran masuk SD dan SMP.

Kebijakan itu dikuatkan dengan Perda tentang Perubahan Kedua Atas Perda No. 3/2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan. “Mulai tahun ini murid baru akan kita bebaskan dari biaya pendaftaran”, ungkap Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo SE, kemarin.

Walaupun perda telah diputuskan, realisasi dan aplikasinya masih disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki oleh Pemkab Tulungagung.

Bantuan yang diberikan untuk siswa baru kemungkinan tidak sepenuhnya di tanggung oleh Pemkab. “Yang jelas nanti juga akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan Pemkab,” kata Syahri Mulyo.

Sayangnya untuk siswa kelas 2 SD sampai Kelas 6 dan Siswa kelas 8 keatas masih dipungut biaya oleh pihak lembaga sekolah. “Untuk saat ini sesuai perda yang kita bantu baru kelas 1 dan kelas 7,” tambahnya.

Syahri menolak jika kebijakan yang dibuat olehnya dan legislatif tidak mendukung program Wajib Belajar 12 tahun. “Kita mendukung wajib belajar 12 tahun, kedepannya jika anggaran mencukupi kita akan tanggung biaya pendidikan di Tulungagung,”pungkasnya setelah rapat paripurna Senin lalu.

Menyikapi Perda ini orang tua yang mempunyai anak usia sekolah mengaku senang sekaligus khawatir. Hal ini seperti diungkapkan oleh Muklisin warga Ngantru. “Kalau digratiskan ya senang, tapi takutnya gratis di depan di kelas 2 nya biaya pendidikan malah semakin tinggi”, ungkapnya.

Tidak jauh beda dengan Muhlisin, warga yang lain juga berharap agar kiranya biaya pendidikan di Tulungagung bisa murah dan gratis (hms/adv/rud)

post-top-smn

Baca berita terkait