Saturday, 26 September 2020

Pemkab Trenggalek Optimalkan Pasar Panggul

post-top-smn
Bupati Trenggalek Emil E Dardak

Bupati Trenggalek Emil E Dardak

Trenggalek, SMN – Usai mendengar cerita dari beberapa tokoh masyarakat kecamatan Panggul, tentang banyaknya pedagang dari luar kabupaten Trenggalek yang kerap melakukan aktivitas jual beli di hari pasaran (wage) di pasar Panggul, memicu minat Bupati Trenggalek Emil E Dardak memanfaatkan kehadiran mereka guna menambah nilai ekonomi bagi masyarakat Panggul.

Langkah awal yang akan di tempuh oleh Emil E Dardak yakni lebih memfokuskan diri pada pengunjung temporer asal luar kabupaten Trenggalek. Pasalnya menurut Emil E Dardak ketika hari pasaran wage tiba, mereka sering melakukan transaksi jual beli di pasar panggul.

” di panggul setiap hari pasaran wage kabarnya bakul dari berbagai daerah luar panggul baik dalam maupun luar kabupaten Trenggalek, ramai berdagang di panggul. Kita fokus dulu ke potensi para pengunjung temporer selama hari pasaran. Bagaimana agar kehadiran mereka bisa bermanfaat untuk ekonomi Panggul” tulis Emil dalam akun whatsappsnya selasa (26/7).

Menurut Emil E Dardak pengunjung pengunjung temporer ini selama ini sudah datang ke panggul, kuncinya bagaimana kehadiran mereka ini bisa di manfaatkan untuk ekonomi masyarakat Panggul.

Lebih lanjut kata Emil E Dardak kalau mereka ( pengunjung temporer) mau makan di warung makan di panggul itu sudah menambah nilai ekonomi, apalagi jika mereka berbelanja kebutuhan pribadi di toko milik warga setempat dan selanjutnya menginap di hotel yang ada di kecamatan Panggul tentu akan semakin menambah nilai ekonomi masyarakat Panggul.

Sementara Bonari salah satu masyarakat asal kecamatan panggul menyambut baik ide maupun gagasan Bupati Trenggalek Emil E Dardak. Ia pun membenarkan jika hari pasaran wage tiba, banyak sekali masyarakat luar kabupaten Trenggalek yang datang ke pasar panggul.

Menurut Bonari masyarakat luar yang sering datang ke pasar panggul itu berasal dari Pacitan yakni kecamatan Lorok dan Sudimoro yang berbatasan dengan kabupaten Trenggalek. Jadi setiap hari pasaran tiba orang orang dari Pacitan yang tinggal di dua kecamatan itu lebih suka datang dan melakukan jual beli di pasar Panggul” terangnya.(hms/adv/kan)

post-top-smn

Baca berita terkait