Saturday, 8 May 2021

Pemkab Ponorogo Gelar Musrenbang 2018 Kembangkan Sektor Pariwisata Menuju Tahun Wisata 2019

post-top-smn

Ponorogo, SMN – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Kabupaten Ponorogo Tahun 2018 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Ponorogo Tahun 2019 digelar di Gedung Sasana Praja, Rabu (28/3/2018).

Acara yang diselenggarakan oleh Bappeda Litbang Kabupaten Ponorogo tersebut dipimpin langsung oleh bupati Ponorogo Drs. H. Ipong Muchlissoni dan dihadiri oleh staff ahli gubernur Jawa Timur Suban Wahyudiono, kepala Bappeda Ir. Soemarno, MM,  perwakilan DPRD Kabupaten Ponorogo, perwakilan BAKORWIL I Madiun, para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ponorogo, tokoh agama, organisasi masyarakat dan dari kalangan perguruan tinggi di Ponorogo.

Pada kesempatan itu, Bupati Ponorogo Drs. H. Ipong Muchlissoni mengatakan bahwa fokus pembangunan Kabupaten Ponorogo yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2019 adalah pada bidang pariwisata yang berbasis kepada infrastruktur. “Jadi pokok-pokok pikiran atau visi misi prioritas pembangunan kita didalam APBD tahun 2019 adalah Pengembangan pariwisata berbasis alam, budaya, religi, dan agro industry yang didukung oleh infrastruktur yang kuat,” terangnya.

Lebih lanjut Bupati Ipong berpesan agar dalam penyusunan rencana anggaran pendapatan dan belanja daerah yang di mulai dengan Musrenbang ini tetap berdasarkan kepada tujuan utama hadirnya sebuah pemerintah daerah yaitu kesejahteraan masyarakat. Di tahun 2019 nanti belanja daerah yang berupa administrasi umum akan dikurangi dan di alokasikan pada belanja yang langsung bisa dirasakan oleh masyarakat. Oleh karena itu Ipong mengajak kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menyongsong pola pembangunan yang efisien. Hal itu karena kondisi keuangan daerah yang terbatas namun kebutuhan daerah dan warganya tidak terbatas.

“Dari hasil musrenbang tingkat kecamatan tercatat kebutuhan anggaran 3 trilyun sedangkan APBD kita hanya 2.1 trilyun dimana 1 milyar digunakan untuk gaji pegawai. Jadi timbul kesenjangan yang makin besar antara kebutuhan dan kemampuan anggaran, “imbuh Ipong

Oleh karena itu Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) tahun 2018 ini fokus pada pengembangan sektor pariwisata dengan output yang ingin dicapai adalah bertambahnya wisatawan yang datang ke Ponorogo di tahun  mendatang. Musrenbang tahun 2018 ini mengambil tema ‘Pengembangan pariwisata berbasis alam, budaya, religi, dan agro industri yang didukung oleh infrastruktur yang kuat,” Pungkas Ipong.(Wied/Hms/Adv)

post-top-smn

Baca berita terkait