Friday, 4 December 2020

Pemkab Pasuruan Gelar Lomba Inovasi Kuliner Ikan

post-top-smn

images (3)

Pasuruan, SMN – Ibu-ibu Rumah Tangga Kabupaten Pasuruan telah mengikuti Lomba Inovasi Kuliner Ikan, Inofasi yang dilakukan oleh Ibu-ibu rumah tangga tersebut supaya sang Anak gemar makan Ikan dan menyikainya, dan Kegiatan tersebut telah diselenggarahkan oleh Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan, untuk kegiatannya dilaksanakan dan digelar di Komplek Perkantoran Pemkab Pasuruan, Raci Bangil, Selasa 26-04-2017.

Kegiyatan lomba tersebut dibuka langsung oleh Ketua Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Makan Ikan) Kabupaten Pasuruan, Ny Lulis Irsyad Yusuf, dan dihadiri oleh Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK, Ny Endah Mulyaningsih, serta Wakil Ketua II, Ny Karyawati Agus Sutiadji.

Slamet Nur Handoyo, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pasuruan menjelaskan, totalnya ada 26 tim peserta yang mengikuti Lomba Inovasi Kuliner Ikan yang berbahan dasar ikan patin tersebut. Untuk keseluruh peserta berasal dari 24 Kecamatan se-Kabupaten Pasuruan plus partisipasi dari Ny Lulis, Endah dan Karyawati dalam menampilkan kreasi masakannya.

“Jadi kami ingin mengajak seluruh ibu-ibu PKK agar bisa menampilkan kreasinya khas makanan yang bahan dasarnya ikan air tawar, yaitu ikan patin. Dan selain itu kami juga melakukan sosialisasi gemar ikan (gerakan memasyaratkan makan ikan) se-Kabupaten Pasuruan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, selama lomba berlangsung berjalan, untuk seluruh tim peserta yang terdiri dari dua orang wajib membuat olahan makanan ikan hanya dalam jangka waktu 1 jam. Dan para peserta harus menampilkan menu utama yang memenuhi kriteria, untuk inovasi, cita rasa dan tampilan makanan, juga dinilai oleh dewan juri.

“Dan untuk penileannya adalah poin yang paling banyak inovasi. Jadi setiap peserta harus mampu menyajikan menu baru yang belum pernah dibuat oleh siapapun, disamping itu menu juga harus tetap menjaga dalam keamanan dan kesehatan makanan tersebut,”

“Untuk kegiatan Lomba Kuliner Inovasi Ikan yang telah mendapatkan juara adalah, Tim Penggerak PKK Kecamatan Lekok keluar sebagai Juara 1, disusul Kecamatan Rejoso sebagai Juara II, Kecamatan Purwodadi Juara III, Kecamatan Purwosari Juara Harapan I dan Kecamatan Pasrepan sebagai Juara Harapan II, pungkasnya.

Disisi lain, Ny Lulis dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan lomba olahan kuliner ikan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan, yaitu dengan mengajak seluruh lapisan masyarakat agar mulai menggemari menkonsumsi makanan berbahan dasar ikan sejak dini.

“Saya berharap agar ibu-ibu dapat bereksplorasi dan berinovasi dalam menyediakan menu masakannya yang berbahan baku ikan untuk keluarganya, terutama buat putra-putrinya, supaya anak-anak kita bisa menjadi cerdas dan juga menjadi sehat, mengingat putra-putri kita juga masih dalam masa pertumbuhan,” terangnya.

Namun bukan itu saja, ibu-ibu yang hadir di sini yang menjabat sebagai anggota Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan, agar mengajak kepada seluruh masyarakat untuk membudayakan menkonsumsi produk-produk ikan dalam setiap harinya.

“Potensi perikanan yang ada di Kabupaten Pasuruan harus bisa dapat didayagunakan sebagai penggerak pereekonomi dan penyediaan lapangan kerja supaya bisa mewujudkan dalam kesejahteraan dan kecerdasan masyarakat. Salah satunya adalah melalui lomba ini,” tegasnya. (Pur)

post-top-smn

Baca berita terkait