Wednesday, 21 October 2020

Pemerintah Kabupaten Ponorogo Gandeng 150 Penerbit Gelar Pesta Sejuta Buku

post-top-smn
Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni saat menerima buku secara simbolis dari 150 penerbit

Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni saat menerima buku secara simbolis dari 150 penerbit

Ponorogo, SMN – Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni dalam mencapai visinya Ponorogo lebih maju, berbudaya dan religius, melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan bekerja sama dengan 150 penerbit buku dari seluruh Indonesia, dengan menggelar Pesta rakyat sejuta buku, Gemar Membaca. Hadir dalam giat, Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni, Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan,Syaifur Rahman, Asisten Bupati Najib Susilo, rektor perguruan tinggi Ponorogo, Hindu dari Tree G Production dan segenap undangan yang hadir dan dilaksanakan di Gedung Sasana Praja dan Pada hari Jumat (24/2) kemarin.

Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni dalam sambutannya menyampaikan, dengan membaca akan mendapatkan banyak pengetahuan, informasi, ilmu yang tidak mesti harus sekolah S1, S2, S3 dan seterusnya. “Manfaat dari membaca sangat luar biasa,” ujarnya. Dirinya mengakui, meskipun sekolah hanya S1, namun tidak kalah dengan S1,S2,S3 pasalnya banyak anak buahnya yang S1, S2, S3 dan seterusnya. “Itu semua berkat membaca yang rajin yang saya lakukan dari dulu hingga sekarang,” tandasnya. Kesempatan membaca dilakukannya setiap saat, baik akan tidur maupun pas berada di jalan. Dan untuk sekarang ini, dirinya mengakui lebih banyak membaca buku tentang management, politik, ekonomi dan politik ekonomi. Bupati Ipong juga mengatakan, buku bisa untuk hadiah ulang tahun para sahabat dan handai taulan sesuai dengan sikonnya. ”Buku yang paling saya gemari ciptaan Stefent Café yaitu eight habbit dan seven Habbit, yang berisi tentang semangat dan kesuksesan yang biasa dilakukan oleh orang sukses. Hampir semua orang-orang hebat membaca buku ini,” urainya.

“Pemerintah Kabupaten Ponorogo, khususnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang dulu statusnya sebuah kantor semenjak bulan desember kemarin sudah ditingkatkan ke tingkat yang lebih besar, dari kantor naik menjadi Dinas, sehingga siap untuk bekerja sama dengan Three G Production dan para penerbit guna meningkatkan kecerdasan masyarakat Ponorogo demi tercapainya cita-cita Ponorogo lebih maju,berbudaya dan religius,” jelas Bupati Ipong. Gemar membaca telah berkembang di semua desa kabupaten Ponorogo dengan banyaknya taman baca di setiap desa. Bupati Ponorogo berharap, “Untuk gemar membaca harus terus dilakukan dan jangan sampai berhenti, demi kecerdasan masyarakat Ponorogo pada khususnya dan Indonesia pada umumnya,” Pungkasnya.

Sementara itu Plt kepala Dinas Pariwisata dan Kearsipan Ponorogo, Syaifurrahman menuturkan, maksud dan tujuan dari giat tersebut, meningkatkan minat baca dan budaya literasi di masyarakat, khususnya dikalangan pelajar Ponorogo, mendekatkan penerbit dengan masyarakat, ujarnya. Dirinya selaku pelaksana kegiatan juga mengadakan lomba khafid alquran, tari kreasi tradisional, parade band, mewarnai, menggambar, fashion show, puisi, menyanyi dan literasi dengan peserta semua para pelajar, mulai dari Taman kanak-kanak hingga SLTA. Dirinya juga berharap, kedepan masyarakat Ponorogo bertambah cerdas dan sukses, sehingga cita-cita Ponorogo lebih maju, berbudaya dan religius, dapat tercapai, Pungkasnya. Kegiatan dilanjutkan dengan penyulutan obor semangat gemar membaca dan peninjauan 26 stan buku oleh Bupati Ponorogo H.Ipong Muchlissoni yang diikuti semua para undangan. Giat berjalan dengan aman tertib dan kondusif hingga berakhirnya acara. (Wied/adv/hms)

post-top-smn

Baca berita terkait