Wednesday, 21 October 2020

Pembangunan Dam Kali Bladak Belum Jelas

post-top-smn
DAM Kali Bladak di Kecamatan Nglegok

DAM Kali Bladak di Kecamatan Nglegok

Blitar, SMN – Rusaknya beberapa bagian DAM Kali Bladak yang diakibatkan banjir, sampai saat ini masih belum jelas kapan akan segera di perbaiki. Karena sampai saat ini DAM Kali Bladak masih di biarkan begitu saja.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Blitar Harpianto Nugroho (18/02) mengatakan hasil koordinasi pihak Pemkab Blitar dengan Balai Besar Wilayah Sungai Brantas (BBWS) Jawa Timur untuk perbaikan DAM Kali Bladak di Kecamatan Nglegok masih belum bisa dilaksanakan.

Menurut Harpianto perbaikan memerlukan anggaran yang besar sedangkan saat ini BBWS kesulitan dan kekurangan anggaran untuk perbaikan, selain itu tahun 2017 ini BBWS Jatim memfokuskan perbaikan tanggul yang ada di Kecamatan Sutojayan yang menjadi penyebab banjir.

Harpianto mengaku karena merupakan kewenangan BBWS Pemkab hanya bisa memfasilitasi untuk koordinasi dengan pihak pihak terkait dan tidak bisa melakukan perbaikan karena bukan kewenangannya. Harpianto menambahkan kondisi DAM Bladak saat ini memang mengalami beberapa kerusakan yang bisa membahayakan warga sekitar dan sejak di bangun tahun 1966 DAM Kali Bladak belum pernah direnovasi BBWS Jawa Timur.(mam)

post-top-smn

Baca berita terkait