Saturday, 26 September 2020

Pelopor Mobil Listrik Indonesia Ajak Mahasiswa Lakukan Inovasi

post-top-smn
Pelopor Mobil Listrik Indonesia, Ricky Elson

Pelopor Mobil Listrik Indonesia, Ricky Elson

Surabaya, SMN – Pelopor Mobil Listrik Indonesia, Ricky Elson mengajak mahasiswa untuk melakukan inovasi di bidang sains dan teknologi (Saintek). Menurutnya, masa depan saintek Indonesia sangat ditentukan oleh tingkat inovasi dan kreativitas generasi muda.

“Tantangan sudah bisa kita baca. Sekarang tinggal memilih akan melakukan atau berdiam diri saja. Potensi bakat mahasiswa Indonesia tidak perlu diragukan. Bangsa kita tidak kalah dengan bangsalain,” katanya bersemangat dihadapan sebanyak 300 mahasiswa dalam kesempatan Seminar Nasional Technopreneur Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Uinsa, Kamis (6/10).

Lebih lanjut, pemilik puluhan hak paten di Jepang ini menjelaskan pelajar dan mahasiswa tidak boleh berkecil hati hanya karena dikelilingi berbagai keterbatasan. Para pendahulu dan pendiri Indonesia telah mewariskan semangat berkarya tanpa kenal lelah, justru hambatan dijadikan pelecut untuk menyelesaikan persoalan di masyarakat.

Indonesia yang dikenal sebagai bangsa yang besar potensi alam dan SDM, sambung Ricky, tidak boleh konsumtif bergantung pada negara lain. Kemandirian adalah pilihan terbaik untuk bersaing menghasilkan energi dan penemuan baru. “Seluruh generasi muda di pelosok desa, di kampung-kampung, di kota punya kesempatan yang sama,” ungkap pria kelahiran Padang, 11 Juni 1980 tersebut.

Sejak dulu, Ricky sebenarnya menyimpan cita-cita menjadi perancang mesin mobil Formula 1 (F1). Hal tersebut muncul ketika mendengar informasi dosennya bahwa efisiensi mesin mobil F1 hanya sampai 37 persen. Melalui pengembangan riset yang dilakukannya, dia berangan-angan akan memaksimalkan efisiensi mesin F1 dengan teknologi hybrid.

Namun obsesi itu baginya tidak mudah, karena ternyata kondisi bisnis produksi mobil di dunia cukup kompetitif, perusahaan mobil besar sekelas Toyota dan Honda memiliki ribuan karyawan bergelar Doktor. Dia pun merubah haluan untuk fokus pada pengembangan teknologi listrik, khususnya setelah mengenal Dahlan Iskan yang saat itu menjadi Direktur Utama PT PLN (Persero)

Semangat pantang menyerah ditunjukkan Ricky saat bersama mantan menteri BUMN Dahlan Iskan, mengalami kecelakaan saat uji coba mobil buatan dalam negeri, Tucuxi di Magetan, Jawa Timur tahun lalu. Meski banyak yang mencemooh, dia tak putus asa bahkan terus menyempurnakan mobil listrik buatannya. (luk/kom_jtm)

post-top-smn

Baca berita terkait